PADANG – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia.

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan mahasiswa Universitas Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB Padang) untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat melalui kegiatan KKN.

Namun dengan pertimbangan protokol kesehatan dan keselamatan, sebanyak 13 mahasiswa/i UIN Imam Bonjol yang terdiri dari 6 mahasiswi dan 7 mahasiswa melaksanakan KKN-PPM (Pembelajaran pemberdayaan Masyarakat) 2021 di Air Dingin Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah,  Padang.

Alhamdulillah pada Rabu, 14 Juli 2021 kemarin kita sudah mulai pembukaan. Saya dan kawan-kawan insya Allah akan melaksanakan KKN sampai tanggal 23 Agustus 2021 nanti," ucap Nanda Kurnia selaku koordinator, Jumat (16/7/2021) di Posko KKN Air Dingin, Padang

Nanda juga mengatakan ia dan mahasiswa yang melaksanakan KKN tersebut akan berupaya melaksanakan semua program-program yang telah dibuat.

BACA JUGA: Guru Besar UIN Imam Bonjol, Profesor Yahya Jaya...

“Kami akan berupaya merealisasikan program-program kami, tapi tentunya kami juga berharap dukungan dan kerjasama dari masyarakat”, ucapnya.

Finy Eka Satriana yang juga peserta KKN di Air Dingin RW.10 tersebut mengatakan bahwa masyarakat setempat begitu ramah dan terbuka dengan kehadiran mereka.

“Waaah… masyarakat di sini ramah-ramah, komunikasi dengan mereka begitu mengasikkan. Mudah-mudahan kami betah disini sampai 23 Agustus nanti," ujarnya.

Sebanyak 13 mahasiswa yang melaksanakan KKN tersebut adalah:

Nanda Kurnia (Koordinator)

Roni Setiawan

Hifzan Fikri

Naufal Rabbani

Defri Suseno

Adrian Akmal Fahrozi

Adrian Tri Wajar M

Finy Eka Satriana

Diah Wulandari

Sumiati

Risna Anwar

Nurul Ahyamaudi

Syifa Annisa

Yufrizal Maas,SH selaku Lurah Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah berharap kehadiran mahasiswa UIN Imam Bonjol di wilayahnya bisa memberikan perubahan besar terhadap masyarakat dan generasi muda setempat.

“Ya, ada sekitar 13 mahasiswa yang melaksanakan KKN di sini. Semoga kehadiran mereka bisa memberikan perubahan di desa kami, terutama di bidang pendidikan, memberikan dampak sosial dan keagamaan yang lebih baik”, ujarnya, Jumat (16/7/2021) di kantor Lurah Balai Gadang.

Selain itu, Jasdaini,SPd selaku Ketua RW.10 Air Dingin Balai Gadang menyambut hangat kedatangan mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol tahun 2021 ini dan turut memberikan arahan kepada para mahasiswa. Selain itu pihaknya juga memfasilitasi posko.

Adapun program-program yang akan dilaksanakan para mahasiswa di kawasan "Seribu Bunga" Lubuk Minturun (Lumin) adalah di bidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, sosial budaya, kelembagaan, hukum dan ekonomi serta mematuhi protokol kesehatan dan PPKM Darurat yang sedang berjalan saat ini.

#rel/ede








 
Top