PADANG -- Presiden Jokowi akan menerima gelar "sangsako" atau gelar adat kehormatan dari pewaris Kerajaan Pagaruyung, Batusangkar, Sumatra Barat. Penganugerah gelar adat Minangkabau untuk Jokowi sedianya dilakukan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang digelar di Sumbar Februari mendatang.

Meski begitu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengatakan bahwa rencana pemberian gelar kepada Presiden Jokowi masih bersifat tentatif. Ia mengatakan, saat ini pihak Kerajaan Pagaruyung masih melakukan pembahasan terkait bentuk gelar adat seperti apa yang bakal diberikan kepada Presiden.  

“Ini tentatif Namun sudah dirapatkan dengan Pagaruyung, semoga bisa diberikan gelar penghormatan. Gelarnya belum tahu, kami mintakan ke Pagaruyung, mereka rapatkan dulu apa gelar yang pantas kepada kepala negara,” kata Nasrul di Padang, akhir pekan ini.  

Presiden Jokowi memang dijadwalkan hadir di puncak peringatan Hari Pers Nasional pada 8-9 Februari 2018 nanti. Sejumlah acara akan dihadiri Jokowi termasuk peresmian pabrik semen Indarung VI milik PT Semen Padang, kuliah umum di Universitas Negeri Padang (UNP) dan prosesi "makan bajamba". 

Khusus untuk prosesi "makan bajamba", Pemprov Sumbar menyiapkan 300 jamba untuk prosesi makan bajamba, yakni makan secara bersama-sama sembari lesehan.

Sebagai gambaran, satu jamba biasanya diperuntukkan enam orang. Nantinya prosesi makan bajamba bakal digelar di halaman Museum Adityawarman, Padang, Sumatra Barat.

(rep/ede)
 
Top