PASAMAN, SUMBAR -- Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis meresmikan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu  (SMP IT) Yayasan Ruhama Baina Annas, di Jorong Kota Nopan Setia Nagari Lansek Kodok Barat Kecamatan Rao Selatan, Senin (8/4/2019).

Ikut mendampingi bupati, ketua dan anggota DPRD Kabupaten Pasaman, unsur Forkopimda, Kepala SOPD di lingkungan Pemkab Pasaman, Kepala Kantor Kementrian Agama dan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pasaman. 

Bupati dalam sambutannya, mengatakan, pemkab berterima kasih dan memberikan apresiasi atas dibangunnya SMP IT ini oleh Yayasan Ruhama Baina Annas. Pendirian sekolah ini sejalan dengan visi misi Kabupaten Pasaman dalam hal terwujudnya masyarakat Pasaman yang agamis.

‘Sekolah Islam Terpadu (SIT) adalah Sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan islam berlandasan Al-qur'an dan As Sunnah, serta akumulasi proses pembudayaan dan pengembangan islam secara menyeluruh. SMP IT yang diresmikan pengunaannya saat  ini diobsesikan menjadi lembaga pendidikan yang menyandingkan antara iptek  dan ilmu agama, sebab  ilmu tanpa agama adalah buta dan agama tanpa ilmu adalah lumpuh”, tambah bupati.

Lanjutnya, Pemkab Pasaman sangat peduli dengan pendidikan yang berlandaskan kepada agama Islam. Untuk itu tahun anggaran 2019, pemkab melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menyediakan alokasi  anggaran yang memadai khusus untuk pembinaan tahfiz Al-qur'an di sekolah. Telah tersedia anggaran pembinaan tahfiz untuk 820 orang murid dengan melibatkan 401 orang guru TK, RA, SD, MI, SMP dan MTsN

Sementara, pembina yayasan sekaligus penggagas berdirinya SMP IT Ridwan Busta melaporkan,  sebagai orang yang lama tinggal di perantauan, dirinya ingin memberikan kontribusi ikut mencerdaskan anak-anak Pasaman dalam bidang pendidikan dan pemahaman agama.

“Berangkat dari niat ingin membangun kampung dalam bidang pendidikan, kami dengan keluarga besar mendirikan sekolah ini sekaligus menghibahkan tanah untuk lokasi pembangunannya. Ke depan kami mengharapkan pembinaan dan bantuan baik  moril maupun materil dari Pemkab Pasaman”, ujarnya.

Dijelaskan Ridwan, saat ini SMP IT Ruhama Baina Annas aru memiliki 1 ruang kantor dan 2 ruang kelas. "Untuk melengkapi sarana dan prasarana sekolah ini, kami memohon kepada Bapak Bupati untuk dapat membantu tambahan ruang belajar dan sarana prasarana pendukung lainnya”, tambah Ridwan. 

(mad/ede)
 
Top