PADANG -- Pemerintah Kota Padang menyambut baik agenda kunjungan kerja Pemerintah Kota Gunung Sitoli ke Kota Padang. Kunjungan ini, di samping untuk meningkatkan hubungan baik bagi kedua daerah, juga membahas peningkatan kerjasama berbagai bidang yang menguntungkan kedua daerah ke depan. 

Rombongan yang dipimpin langsung Wali Kota Gunung Sitoli, Lakhomizaro Zebua itu pun disambut baik Wali Kota Padang Mahyeldi di kediaman resminya, jalan Ahmad Yani, Padang, Kamis (25/4/2019). Ikut hadir di kesempatan itu, Asisten Ekbang, serta beberapa pimpinan OPD dan sejumlah pelaku usaha perdagangan di salah satu kota di Provinsi Sumatra Utara tersebut.

Wali Kota Lakhomizaro Zebua mengatakan, ada beberapa tujuan dari kunjungan kerja tersebut. Diantaranya terutama membahas program pemerintah tol laut khususnya yang mempertemukan Kota Padang dengan Gunung Sitoli. Dengan program ini tentu dapat dimanfaatkan untuk mengirim kebutuhan masyarakat, kebutuhan pokok penting, hasil produksi Usaha Kecil Menengah (UKM), hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil perindustrian dan juga hasil pertambangan antar kedua daerah.

“Untuk ini kita menggelar temu usaha antar pelaku usaha dan perdagangan di Kota Padang. Kita berharap, program tol laut antara Padang-Gunung Sitoli dapat berjalan dan dimaksimalkan dengan baik,” tuturnya. 

Dia menambahkan, adapun untuk Gunung Sitoli sejauh ini masih terkendala dengan harga komoditi ekspor-impor. 

"Dengan adanya program tol laut melalui kapal yang mengangkut peti kemas ini diharapkan bisa menghemat biaya transportasi di banding jalur darat dan jalur udara.semoga melalui kunjungan kerja kita selama di Padang akan memperkuat hubungan kerjasama yang memberikan dampak bagi Padang-gunung Sitoli ke depan," tukasnya.

Wali Kota Padang mengatakan, hubungan baik antara masyarakat Nias dan Minang di Padang senantiasa terjalin baik, begitu juga sebaliknya. Visi Kota Padang pun tidak jauh berbeda dengan Gunung Sitoli yaitu mewujudkan sebagai Kota Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata yang Sejahtera, Religius dan Berbudaya. Untuk peningkatannya, Padang terus menjalin hubungan ‘sister city’ dan ‘sister port’ dengan beberapa daerah dan negara-negara di dunia internasional. 

Alhamdulillah, Kota Padang sudah tergabung dalam Indonesia-Indian Ocean Local Government Forum (IIOLGF) dan Indian Ocean Rim Association. Insya Allah Padang akan terus menjalani hubungan dan kerjasama dengan daerah dan negara-negara sahabat,” tuturnya.

Mahyeldi pun menyambut baik upaya peningkatan kerjasama dengan Pemko Gunung Sitoli, dalam hal ini di sektor tol laut. Tentunya diharapkan memberikan dampak positif untuk kedua daerah khususnya memperluas jangkau lintas perdagangan. 

“Mari kita sama-sama senantiasa bangun hubungan baik ini, dan atas nama Pemerintah Kota Padang kita sangat siap mendukung segala sesuatunya ke depan,” tukas wako mengakhiri.

(rel/vit)

 
Top