PADANG -- Wali Kota Padang Mahyeldi meninjau usaha budidaya ikan cupang yang sudah satu tahun digeluti oleh Joni Rapindo di kediamannya di Kelurahan Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan, Minggu (28/4/2019).

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang cukup mudah untuk dipelihara, karena sanggup bertahan di lingkungan air dan oksigen yang minim, sehingga tidak memerlukan tempat dan modal yang besar dalam budidayanya.

"Pemeliharaannya cukup dengan menggunakan botol atau kaca persegi empat sebagai wadah ikannya, dan ditambahkan beberapa peralatan lainya yang juga mudah didapat. Dengan begitu usaha rumahan ini sudah bisa berjalan," tutur Mahyeldi.

Namun demikian, kata Mahyeldi, usaha budidaya ikan cupang ini tetap perlu mendapatkan pembinaan lebih lanjut dari dinas terkait agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Hal tersebut sejalan dengan harapan Joni Rapindo sebagai pelaku usaha budidaya ikan cupang untuk segera mendapatkan peninjauan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang, terutama berkaitan dengan penyediaan bibit ikan cupang yang berkualitas dan pengelolaan yang lebih tepat, sehingga usaha yang digelutinya tersebut dapat berkembang dengan lebih baik.

(zal/ede)
 
Top