INDONESIA merupakan salah satu negara dengan populasi umat Islam terbesar di dunia. Atas dasar itulah, perhelatan besar dan mewah bernuansa Islami akan digelar di Indonesia.  Bertajuk "Indonesia International Islamic Fair 2019", dalam iven yang melibatkan beberapa negara muslim ini akan dipamerkan keragaman unsur budaya Islam dari masing-masing negara.

Indonesia International Islamic Fair 2019 akan diselenggarakan selama tiga hari, 9-11 Mei 2019 mendatang, bertepatan dengan masuknya bulan suci Ramadhan 1440 H, bertempat di Kartika Expo Centre, Balai Kartini, Jakarta. Iven ini mencoba mengakomodir dan manggali khazanah keislaman dari seluruh dunia.

Rangkaian kegiatan dalam Indonesia International Islamic Fair 2019 meliputi Islamic Fashion Show, seminar dan talkshow, kompetisi, exhibition dan bazaar, Islamic dan food & beverage serta menampilkan anjungan dan atraksi kesenian dari seluruh peserta.

Tak ketinggalan, selaku tuan rumah, Indonesia akan menghadirkan busana muslim khas nusantara yang memamerkan kain tenun dan songket dari berbagai daerah.


Anna Mariana, desainer tenun dan songket yang hadir dalam konferensi pers, Rabu (10/4/2019), mengatakan bahwa saat ini fesyen muslim sudah diakui oleh beberapa negara. "Namun, hingga saat ini Indonesia belum memiliki pasar khusus untuk menjual busana muslim dengan kain khas tenun dan songket," ungkapnya.

Anna berharap, Indonesia International Islamic Fair 2019 bisa menjadi debut awal lahirnya sebuah pasar industri busana muslim khas kain tenun dan songket nusantara berkelas dunia.

Sementara itu, ketua pelaksana Indonesia International Islamic Fair 2019, Wahyono mengatakan bahwa peran pendidikan dalam Islam sangat penting, tidak kurang dari 10 jenis lomba berskala internasional akan dihadirkan.

"Indonesia International Islamic Fair 2019 akan melibatkan para pelajar dan mahasiswa. Keterlibatan mereka adalah untuk menggali potensi dunia pendidikan Islam dengan program unggulan yakni Dai Cilik," tandas Wayono.

***
 
Top