PADANG -- Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019, Komando Resort Militer 032/Wirabraja melaksanakan upacara peringatan dengan tema “Bangkit untuk Bersatu”, diikuti oleh seluruh prajurit Korem 032, Balak Aju Korem dan Yonif 133/YS di lapangan upacara Makorem jalan Sudirman No. 29 Padang, Sumatera Barat, Senin (20/05/19).

Upacara dimulai tepat pukul 08.00 pagi dan dipimpin oleh Kepala Staf Korem 032/Wbr Kolonel Inf. Edi Nurhabad selaku Inspektur Upacara (Irup).

Pada kesempatan tersebut Irup membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI, bahwa telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrim di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. 

Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia.

Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah Swt seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita.

Dengan harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional disematkan tema "Bangkit untuk Bersatu". Kita menggelorakan semangat bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Upacara Harkitnas di Makorem 032/Wbr, Padang,  diikuti oleh para kepala seksi Korem, Danyonif 133/YS, Dansat Kabalak Aju Korem, para perwira, bintara dan PNS Makorem. Upacara berjalan dengan tertib aman dan lancar.

Sumber: Penrem 032/Wbr
 
Top