Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa bercekrama dengan anggota DPRD Kota Padang Manufer Putra Firdaus, Pembina Komunitas Muda Literat Yusrizal KW dan Ketua KPJ Padang Dudung di Kupi Batigo tersebut.
PADANG - Pemerintah Kota Padang menyambut baik digelarnya Festival Wakaf Buku oleh Komunitas Muda Literat dan Orang Kaya Buku (OKB) Kota Padang. Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa saat menghadiri kegiatan tersebut di Kupi Batigo, Jlan. KH. Ahmad Dahlan, Depan Menara Masjid Raya Sumatera Barat, Sabtu (9/11/2019) malam.

Ia mengatakan, festival wakaf buku merupakan salah satu cara pemuda sebagai promotor menggerakan bangsa memenuhi kebutuhan generasi millenial akan buku-buku bacaan berkualitas.

Gerakan ini juga merupakan bentuk mencerdaskan bangsa lewat literasi, sehingga kaum millenial bisa tercerahkan dalam pengetahuan. "Selain itu dapat membantu mengembangkan minat baca generasi muda," jelas Wawako.

Hendri berharap, kegiatan ini dapat mendorong generasi millenial lainnya untuk membuat hal positif serupa. Sehingga menambah kesadaran akan pentingnya memupuk budaya membaca di kota ini. 

"Panggung literasi ini juga diharapkan dapat mendukung segala kebijakan yang telah ditetapkan Kota Padang kedepan terumata dalam mencerdaskan generasi mudanya," pungkas Wawako mengakhiri.

Sementara itu, ketua Muda Literat Muthia Isa Khadifa mengatakan, festival wakaf buku digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu. "Dan siapa yang ingin menyumbangkan buku pada festival ini dapat menyumbangkan buku bacaannya,  baik fiksi maupun non fiksi, kecuali buku pelajaran," terangnya.

Ia menambahkan, buku-buku yang telah disumbangkan nantinya akan diberikan kepada yang membutuhkan, seperti para penggiat literasi dan ruang baca dalam lapas. "Selain itu para pengunjung bisa juga membeli buku baru dengan diskon 20% sampai 25 %," ungkap wanita yang kerap disapa Tia itu.

Festival Wakaf Buku ini juga diisi dengan berbagai kesenian seperti pentas musik dan Pameran Karya Intelektual. "Selain itu ada dialog Bareng Novelis Yetti A Ka dan dialog Ibu dan anak bersama Ratjun Buku dan  Wulan Mulya Pratiwi," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga digelar acara penampilan musik dari Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) Kota Padang dan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa didaulat menjadi "drummer" sebanyak lima lagu. Hadirnya dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Kota Padang Manufer Putra Firdaus, Presiden Orang Kaya Buku (OKB) Yusrizal KW dan Komunitas lainnya di kota Padang seperti Komunitas Sumbar hijau, Komisi  Film Daerah (KFD) Padang dan komunitas lainnya. 

(rel/ede)


 
Top