JAKARTA – Reputasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat (Kanwil Kemenag Sumbar) kembali terangkat, menyusul keberhasilan MTsN 6 Kabupaten Solok meraih Juara 2 Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional 2019. 

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, S.Ag, mengapresiasi sekaligus bersyukur dan berterimakasih atas kerjasama dan kerja keras seluruh unsur terkait, sehingga MTsN 6 Kabupaten Solok berhasil menjadi nominator LSS Tingkat Nasional 2019.

Prestasi yang diraih, menurut Hendri merupakan perwujudan nikmat Allah Swt yang tak terputus. Keberhasilan MTsN 6 Solok di tingkat nasional semakin menambah deretan panjang prestasi madrasah-madrasah di bawah naungan Kanwil Kemenag Sumbar, disamping ikut mengharumkan nama Provinsi Sumbar. 

"Tentunya ini semua tidak terlepas dari kerjasama dan kerja keras seluruh unsur yang ada," ungkapnya di tengah helat penganugerahan pemenang LSS Tingkat Nasional 2019 di Hotel Kartika Chandra, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Lebih lanjut Hendri berharap kepada seluruh satuan kerja (Satker) di jajaran Kanwil Kemenag Sumbar agar selalu berinovasi dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, saling bahu membahu.

"Mari selalu berinovasi, saling bahu-membahu, karena kesuksesan tidak bisa diperoleh tanpa adanya peran yang lain," imbaunya.

Sebagai luapan kebahagiaan atas keberhasilan MTsN 6 Kabupaten Solok menjadi nominator, penganugerahan penghargaan nominator LSS 2019 dihadiri Bupati Solok Gusmal, Kabag Kesra Provinsi Sumatera Barat, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Hiliran Gumanti dan Kepala Puskesmas Hiliran Gumanti.


Sementara dari lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, selain Kakanwil Hendri turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Solok Alizar Can, Kepala Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, Mofri Antoni, Kepala Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat (Inmas) Kanwil Kemenag Eri Gusnedi, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kabupaten olok Syamsul Bahri, Kepala MTsN 6 Solok Rusmaida, Wakil Kepala Kesiswaan MTsN 6 SolokRamdanus serta beberapa orang guru MTsN Kab. Solok.

Sebelum menuju tingkat nasional, MTsN 6 Kabupaten Solok telah melewati penilaian dan pembinaan dari Juara I tingkat Kecamatan Hiliran Gumanti, Juara I di tingkat Kabupaten Solok. Selanjutnya diberikan kepercayaan dan amanah untuk mewakili Kabupaten Solok untuk lomba tingkat Provinsi Sumbar. Berkat pembinaan yang kontiniu ditambah dengan kerjasama seluruh warga madrasah, akhirnya MTsN 6 Kabupaten Solok yang dipimpin oleh Rusmaida bertolak ke ajang LSS Tingkat Nasional 2019 hingga akhirnya menjadi Juara 2.

"Kita sangat bersyukur berkat kerjasama dan kerja keras, Alhamdulillah untuk tingkat SLTP dan SLTA Sumbar dapat meraih juara 2 tingkat nasional. Selain MTsN 6 Kabupaten Solok, SMA Negeri 1 Ampek Angkek Canduang Kabupaten Agam juga meraih Juara 2 pada tingkat SLTA. Ini prestasi yang telah mengharumkan nama Sumbar di tingkat nasional,” ungkap Kabiro Bintal dan Kesra Pemprov Sumbar H. Syaifullah usai penganugerahan LSS di Hotel Kartika Chandra, Semanggi, Jaksel.

“Kami berharap prestasi ini ditingkatkan. Sekolah dan madrasah lain agar menjadikan ini contoh untuk meningkatkan kinerja dan mengukir prestasi di berbagai bidang sehingga Sumbar menjadi provinsi dengan segudang prestasi tingkat nasional” tambahnya.

(rel/ede)

 
Top