PADANG -- Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Pemukul Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) di Dermaga Pelindo II Teluk Bayur Padang, Kamis (21/3/2019).

Turut mendampingi danrem, Danlantamal II Padang diwakili Kolonel Mar Wurjanto, Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, GM Pelindo II Teluk Bayur Padang Armen Amir, Danlanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabad, para Kasi Korem 032 Wbr, Dandim 0312/Padang, Danyonif 133/YS, Danyon Marinir, Kepala BPBD Sumbar Rahman, SE, MSi, Kepala Basarnas dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Danrem 032 Wbr menyampaikan bahwa Sumbar merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam baik bencana alam banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun tsunami dan apabila bencana tersebut terjadi maka tentunya akan sangat berdampak pada kondisi infrastruktur, perekonomian, gejolak sosial dan juga akan berdampak terhadap psikologi masyarakat. Dengan kondisi tersebut maka dipandang sangat perlu untuk melaksanakan pengecekan sejauh mana kesiapan kita dalam berbuat apabila sewaktu waktu terjadi musibah bencana alam, khususnya yang terlibat di dalamnya baik TNI Polri, BPBD, SAR dan yang lainnya.

Dalam pelaksanaannya sangat memerlukan perencanaan, persiapan serta pengendalian yang lebih kompleks dalam penanganannya, untuk itu perlu antisipasi dan kerjasama yang betul betul siap.

Sementara itu Direktur PT Pelindo II Armen Amir menyampaikan bahwa salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menjamin keamanan dan kelancaran operasional Pelindo II sehingga terjamin keamanan dan kelancaran segala bentuk kegiatan di pelabuhan Pelindo II ini, dan diharapkan kedepannya aktivitas penggunaan jasa pelabuhan di Pelindo II ini semakin meningkat.

Dalam kesempatan tersebut Danrem Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dan GM Pelindo II bapak Armen Amir melaksanakan penandatanganan MoU antara Korem dengan Pelindo II diantaranya tentang Penanggulangan Bencana Alam di Pelabuhan Teluk Bayur, Penerapan teknologi terapan BIOS 44 dan pembinaan stabilitas kawasan wilayah PelabuhanTeluk Bayur.

Peserta gelar pasukan terdiri dari satu pleton PRCPB dari Kodim 0312/Pdg, 1 Kompi Yonif 133/YS, 1 Pleton Brimob Polda Sumbar, 1 Tim Denbekang, 1 Tim Denpom, 1 Regu Denkesyah, 1 Pleton Lantamal,1 Pleton Lanud Sutan Sjahrir, 1 Tim Damkar, 1 Tim BPBD, 1 Tim Basarnas dan 1 Tim Security Pelindo II Teluk Bayur Padang. Seluruh rangkaian kegiatan Berjalan dengan aman dan lancar. 

Sumber: Penrem 032 Wbr
 
Top