JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan salah seorang Direktur PT Krakatau Steel di kediamannya, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Jumat sore.

“Lokasi di BSD City, di rumah direktur tersebut,” ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Jumat (22/3/2019) malam.

Total empat orang yang diamankan KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Tangerang Selatan. KPK turut mengamankan karyawan PT Krakatau Steel dan pihak swasta. Selain itu, juga mengamankan barang bukti berupa uang dalam bentuk rupiah maupun dolar.

“Ada transaksi yang sedang ditelusuri lebih lanjut baik dalam bentuk rupiah maupun dolar karena dari beberapa OTT yang digelar KPK ada menggunakan cash, ada menggunakan kombinasi dengan rekening juga,” ucap Febri.

KPK menduga sudah terjadi transaksi pada salah satu direktur perusahaan BUMN yang menerima uang dari pihak swasta.

“Dalam hal ini pihak kontraktor yang kami indikasikan sebelumnya pernah punya kerjasama dalam penelitian proyek dengan BUMN tersebut. Jadi, kaitan kepentingannya sejauh ini terkait dengan hal itu,” papar Febri.

KPK memiliki waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum dari pihak-pihak yang diamankan. Mereka akan diperiksa untuk klarifikasi lebih lanjut. KPK berencana mengumumkan detail kasus ini esok sore.


(mun/nov)

 
Top