f:dok.detic.com/jekakampai
BUKITTINGGI, SUMBAR -- Kunjungan Cawapres 02 Sandiaga Uno ke Bukittinggi dan Padang Panjang setidaknya memberikan ide bagi masyarakat Sumatera Barat untuk juga berliburan akhir pekan ke beberapa tempat wisata di dua kota bertetangga yang masing-masing punya ikon bersejarah. Bukittinggi sohor dengan "Jam Gadang"nya, sementara Padang Panjang adalah kota reliji berjuluk "kota serambi Makkah".

Cawapres Sandiaga Uno mengawali kampaye wisatanya di Ranah Minang dengan berkunjung ke Bukittinggi, Rabu (6/3/2019). Seperti biasa, dia mendatangi tempat wisata sambil berkampanye. Berdasarkan catatan perjalanan Sandiaga yang berhasil dirangkum awak media Jumat (7/3/2019) ini, berikut tempat wisata yang juga bisa traveler datangi:

1. Jam Gadang Bukittinggi

Sandiaga Uno memulai kampanye di Sumatera Barat, Rabu (6/3/2019). Ia mengawali agenda dengan berjalan kaki dan senam pagi di pelataran Jam Gadang Bukittinggi. 

Jam Gadang Bukittinggi ini memang landmark terkenal di sana dan jadi tempat wisata di Bukittinggi yang paling favorit. Memulai kegiatan wisata di Bukttinggi pagi hari enaknya seperti yang dilakukan Sandiaga.

Wisatawan bisa jalan kaki menikmati suasana pagi. Kita bisa melihat banyak warga lokal juga berolahraga di sini.

Jam Gadang Bukittinggi punya banyak cerita unik. Menara jam ini adalah pemberitan Ratu Belanda dan jadi kembaran Big Ben karena buatan Vortmann Relinghausen. Jam ini untuk menunjukan angka 4 tidak menggunakan simbol IV melainkan IIII. Unik ya!

2. Rumah Kelahiran Bung Hatta

Cawapres Sandiaga Uno juga mengunjungi Rumah Kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatera Barat. Sandiaga mengaku ingin mencari inspirasi untuk debat Pilpres 2019 ketiga.

"Beliau (Bung Hatta) merupakan proklamator. Milenial seluruh Indonesia yang jumlahnya 63 juta harus kenal siapa Bung Hatta dan datang ke Kota Bukittinggi," kata Sandiaga di lokasi.

Sandiaga datang bersama tim ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta di Jalan Soekarno-Hatta, Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (6/3). Sandiaga mengelilingi seluruh bagian rumah mulai dari kamar kelahiran Bung Hatta hingga dapur. Ia juga sempat mencoba sepeda ontel yang ada di sana.

Traveler sekalian juga wajib datang ke Rumah Bung Hatta. Tempat wisata di Bukittinggi ini bisa bikin kamu makin cinta Indonesia.

3. Desa Wisata Kubu Gadang, Padang Panjang

Melipir 25 km dari Bukittinggi, ada Padang Panjang. Di sana ada Desa Wisata Kubu Gadang. Cawapres Sandiaga Uno disuguhi atraksi silek lanyah dan Sandi membalas dengan jurus tepok jidat yang jadi bahasan netizen.

"Ini jurus tepok jidat," ujar Sandiaga di lokasi seperti dilansir detikcom.

Desa Wisata Kubu Gadang menawarkan keindahan alam berupa hamparan sawah, gunung, atraksi budaya serta kuliner tradisional yang mulai langka di Sumatera Barat. Desa ini juga memiliki pasar digital.

Nah ketiga tempat ini bisa dikunjungi dalam satu hari. Wisata kampanye ala Sandiaga Uno di Bukittinggi bisa ditiru untuk ide liburan akhir pekan. 

(dtc/rdy)
 
Top