PADANG -- Ketua Dewan Pengurus Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM memberi apresiasi sekaligus memuji aksi kemanusiaan donor darah yang dilaksanakan oleh pemuda-pemudi Kampung Jawo Dalam di tengah pandemi Covid-19 saat ini. 

"Ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat, sekaligus dalam momen ini kita sama-sama memaknai peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H dan Peringatan Hari Kemedekaan RI ke-76 tahun," ungkapnya dalam kesempatan menghadiri aksi kemanusiaan tersebut, bertempat di Kampung Jawa Dalam, RT.05/RW.06 , Kelurahan Kampung Jawo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Minggu (05/09/2021) malam.

Menurut orang nomor satu di DPD LPM Kota Padang ini, aksi kemanusiaan donor darah adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat membantu sesama. Apalagi dalam suasana pandemi covid ini. Dengan adanya pasokan darah dari pendonor, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang tentu merasa sangat terbantu dalam menyediakan darah yang sangat dibutuhkan oleh pasien di rumah sakit.

"Selaku Ketua DPD LPM Kota Padang, saya menghaturkan banyak terima kasih kepada pemuda dan pemudi Kampung Jawo Dalam dan juga tokoh masyarakat di sini, telah melaksanakan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat," ungkap Irwan Basir yang sekaligus mengapresiasi pelaksanaan lomba MTQ se-kampung Jawo beberapa waktu lalu. Ia memberikan applause sekaligus mengungkapkan rasa bangga atas kekompakan dan tingginya rasa kebersamaan pemuda pemudi beserta masyarakat setempat dalam melaksanakan serangkaian kegiatan positif yang disyukuri berlangsung sukses.

Saling sinerji, saling merangkul, transparan, akuntabel serta mampu mengoptimalkan segala potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada di wilayah setempat, tekan Irwan, juga merupakan kunci suksesnya beragam kegiatan lingkungan atau kemasyarakatan.

Tak sekedar memuji, dalam kesempatan tersebut Irwan Basir memberikan support berupa uang tunai untuk pelaksanaan aksi kemanusiaan donor darah, diterima oleh Ketua  Pemuda Kampung Jao, Husni Thamrin. Hadir bersama Wakil Sekretaris I Martias Sanjany, SE dan Kadril Rajo Darek, Ketua DPD LPM Kota Padang itu juga ikut mendonorkan darah bersama Sekretaris Lurah Kampung Jawo Tedi dan Dedi Prima selaku Humas DPD LPM Kota Padang.

Menurut Ketua RW 06 Ir. Yulnasri, MM, aksi kemanusiaan donor darah merupakan kegiatan rutin bagi warga di wilayahnya.

"Donor darah membawa dampak yang baik terhadap sesama, terutama bagi pasien yang benar-benar membutuhkan transfusi darah. Banyak sekali orang yang menunggu uluran tangan kita, seperti para pengidap thalasemia, kanker, orang yang sedang cuci darah serta penyakit lainnya yang membutuhkan transfusi darah," paparnya.

Selain itu, Yulnasri juga menyampaikan bahwa donor darah memberikan dampak kesehatan yang baik bagi tubuh. Dia pun berharap, ke depan donor darah dapat menjadi bagian dari gaya hidup.

"Karena dengan mendonor darah, tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Saya ucapkan terima kasih kepada pendonor yang telah rutin mendonorkan darah dan menjadikan gaya hidup sehat," ungkap Yulnasri.

Sementara itu, dr. Revida Ulfa dari PMI Kota Padang  menyampaikan bahwa saat ini permintaan darah di berbagai rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta cukup tinggi, sedangkan stok darah yang ada sangat terbatas. Terlebih kebutuhan donor plasma konvalesen yang dibutuhkan untuk terapi tambahan penyembuhan pasien Covid-19.

Ia juga mengapresiasi kinerja DPD LPM Kota Padang dan para penggiat kemanusiaan dalam membantu masyarakat di Kota Padang terkait urusan ketersediaan darah. Semoga dengan saling membantu, banyak masyarakat yang terselamatkan.

Lanjut dr. Revida Ulfa kegiatan donor darah ini tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan pengecekan suhu bagi para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya.

Ketua Pemuda Kampung Jawo Dalam, Husni Thamrin mengucapkan terima kasih sekali atas kehadiran Ketua DPD LPM Kota Padang. "Bagi masyarakat Kampung Jawo Dalam, Bapak Irwan Basir sudah sangat dikenal dan selalu hadir dalam kegiatan masyarakat seperti saat penutupan MTQ Mayarakat Kampung Jawo Dalam kemarin, beliau menghadiri sekaligus membantu acara tersebut," ungkapnya.

"Atas nama Pemuda RW 06 Kampung Jawo saya mengucapkan terima kasih sekali atas segala bantuan yang beliau berikan. Baik bantuan moril atau materil. Mudah-mudahan menjadi amal ibadah bagi Bapak Irwan  Basir", pungkas Husni Thamrin.

#dpr/ede




 
Top