SURABAYA -- Warga perantau Minang yang tergabung di PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman) Jawa Timur memberi bantuan kepada masyarakat korban bencana alam di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). 

Bantuan diberikan kepada masyarakat yang kena musibah di beberapa titik, salah satunya Batang Anai. Akibat hujan deras dan angin kencang,  terjadi banjir, pohon tumbang hingga tanah longsor pada Rabu (29/9/2021) lalu. 

BACA JUGA: Jatim dan Surabaya Sudah Biasa Penerbitan Buku oleh Sponsor

Beberapa unit rumah tertimbun tanah longsor, akibat dari bencana tersebut, ada korban meninggal dunia dan mengalami luka-luka akibat tertimbun material tanah longsor. 

Setelah mendapat berita terjadinya longsor, Ketua DPW PKDP Jawa Timur (Jatim), Novendri Yusdi membuka donasi melalui DPW PKDP Jatim untuk meringankan beban korban terdampak. 

Sebagai wujud kepedulian kepada korban PKDP Jatim menyalurkan bantuan sembako melalui perwakilan anggotanya Muharland (Nal) untuk masyarakat Batang Anai, Rabu (13/10/2021) kemarin. 

Bantuan yang disalurkan berupa beras, mie, telur dan minyak goreng guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana longsor tersebut. 

BACA JUGA: Kesiapsiagaan! Itu Hikmah Sederet Ancaman Bencana di Balik Indahnya Sumbar

Novendri Yusdi mengatakan kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian urang rantau kepada masyarakat Piaman.

Ia menambahkan bantuan ini juga dalam rangka dibentuknya kembali DPW PKDP Jatim setelah vakum selama empat tahun. Dengan adanya penyaluran bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak bencana.

Kecuali itu, ujar "Ajo Lerry", panggilan akrab Novendri Yusdi, pengurus PKDP Jatim mengucapkan terimakasih kepada para donatur dan teman-teman yang terlibat menyalurkan bantuan. 

Secara terpisah, Wali Nagari Sungai Buluah, Zulkifli beserta masyarakat mengucapkan terimakasih kepada DPW PKDP Jatim, terutama para donatur dan pemberi sumbangan. Ia menyatakan, bantuan dalam bentuk sembako itu sangat berguna bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang. 

BACA JUGA: Sumbar Etalase Bencana, Wakil Rakyat Ini Prioritaskan Dana Pokir ke Urusan Kebencanaan.. 

Ia mendoakan seluruh masyarakat Padang Pariaman di perantauan Jatim selalu dalam keadaan sehat walafi'at serta dibukakan pintu rezki oleh Allah SWT.  Wali Nagari juga mengirim salam khusus kepada penggerak atau Ketua DPW PKDP Jatim, Ajo Lerry.

(yra)






 
Top