PADANG -- Pernyataan Puan Maharani, Ketua DPP PDIP, sangat menusuk perasaan masyarakat Minangkabau, tidak hanya di Sumatera Barat namun juga di perantauan.

Senator Sumbar Dr. Alirman Sori, SH, MHum, mempertanyakan apa maksud pernyataan Puan yang terkesan memojokkan Sumatera Barat di pentas nasional tersebut.

Diketahui, Puan Maharani saat mengumumkan nama Mulyadi - Ali Mukhni sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Sumbar mengharapkan pasangan yang didukung PDI Perjuangan bisa memenangkan pilkada di Ranah Minang.

“Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila,” kata Puan saat membacakan pengumuman 21 pasangan calon kepala daerah PDI Perjuangan Pilkada serentak 2020, secara virtual, Rabu (2/9/2020).

Menanggapi hal tersebut, Alirman minta Puan Maharani yang juga Ketua DPR RI menjelaskan apa maksud pernyataannya, "semoga Sumbar mendukung negara Pancasila". 

"Apa memang selama ini Sumbar anti Pancasila menurut Puan? Apa buktinya dan kapan dilakukan survei atau penelitian?," tegas Alirman mempertanyakan.

Ia menegaskan jika Puan tidak bisa membuktikan ucapannya, maka bersegeralah untuk meluruskan (klarifikasi). Tidak perlu ada pula yang lain meluruskan, cukup Puan sendiri, karena dia yang tahu maksud ucapannya itu, sebut Alirman Sori.

Dari pernyataan Puan saat mengumumkan nama calon dari PDIP pada Pilkada 2020, justeru telah melukai hati masyarakat Sumbar, tegas Alirman yang sangat menyesalkan adanya pernyataan seorang pejabat publik seperti itu.

"Apa Sumbar tidak mendukung negara Pancasila selama ini?", tanya Alirman.
"Dia harus mampu menjelaskan. Jangan sebaliknya hanya menyakiti hati rakyat Sumbar," sambung Alirman.

Untuk itu Anggota DPD RI dari Sumbar ini meminta Puan Maharani untuk belajar sejarah perjuangan bangsa ini sehingga memahami sejauh mana peran dan perjuangan orang minang dalam menggapai kemerdekaan. "Baca sejarah", tukasnya.

Tak dapat dipungkiri perjuangan tokoh tokoh minang berperan besar dalam memproklamirkan kemerdekaan RI. Bahkan 80 persen andil orang minang, kata mantan Ketua DPRD Pesisir Selatan ini. Sebut sajalah Moh Hatta, M.Yamin, Agussalim. St.Syahril, Tan Malaka, Hamka, M.Natsir.

Alirman Sori minta Puan Maharani yang juga anak Rang Minang itu, segera saja minta maaf secara terbuka kepada rakyat Sumbar.

Sumber: semangatnews
 
Top