PADANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar) Senin - Kamis (6-9/2021) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Bimtek Jitu Pasna) angkatan pertama dari 8 angkatan, bertempat di Grand Hotel, Padang.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Kabid Rehab Rekon) BPBD Sumbar Suryadi Eviontri mengungkapkan bahwa bimtek kali ini diikuti peserta dari unsur aparatur desa/nagari/kelurahan, relawan, BPBD kabupaten/kota se-Sumbar serta jurnalis peduli bencana.

BACA JUGA: Telisik BPBD Sumbar, BPK RI Temukan Ini...

Os, demikian salah satu putra terbaik Kabupaten Solok itu akrab disapa, lebih lanjut merinci, peserta dari unsur media berjumlah sebanyak 15 orang, dari unsur BPBD kabupaten/kota 97 orang dan 3 orang lainnya adalah unsur media penulis bencana (PB), sehingga totalnya sebanyak 115 orang peserta.

Bimtek akan berlangsung selama satu bulan mulai 6 September hingga 2 Oktober mendatang, terbagi atas 8 angkatan. Masing- masing angkatan sebanyak 115 orang, mengikuti bimtek selama 3 hari di tempat berbeda.

"Manfaat Bimtek Jitu Pasna yang utama sekali adalah memperoleh data basah secara cepat dan akurat. Selambatnya 4 hari pasca bencana data itu bisa dipublikasikan secara benar," pungkasnya ketika dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (7/9/2021).

#oca/ede





 
Top