JAKARTA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengingatkan pentingnya memperkuat integritas untuk menghindari perilaku koruptif. Sebab, berdasarkan catatan KPK, sebanyak 22 gubernur sudah dijerat lantaran terlibat korupsi.

"Catatan KPK para gubernur sudah 22 orang tersangkut korupsi, padahal provinsi kita hanya 34," katanya dalam keterangannya, Kamis (7/10/2021).

Sementara kepala daerah setingkat bupati dan wali kota sudah 122 orang yang dijerat KPK dari 542 pemerintahan kota/kabupaten. Firli mengaku miris dengan banyaknya kepala daerah yang terlibat tindak pidana korupsi.

"Ini angka yang menjadi keprihatinan kita semua," ujarnya.

Maka dari itu, Firli berharap kepada seluruh penyelenggara negara untuk menanamkan nilai integritas di dalam diri. Firli yakin integritas yang ada dalam diri penyelenggara negara bisa menjadikan Indonesia bersih dari perilaku koruptif.

"Karena integritas lah yang bisa mencegah, mengurangi dan mengurungkan niat untuk melakukan korupsi," jelasnya.

Selain itu, Firli memandang strategi pemberantasan korupsi dengan mengintegrasikan tiga pendekatan pendidikan, pencegahan dan penindakan sudah tepat. Upaya penindakan, katanya, untuk memberikan efek jera.

"Sedangkan, pendidikan untuk mencegah keinginan dan perilaku koruptif, serta perbaikan sistem untuk mencegah dan menutup peluang korupsi," tutupnya.

#l6c/bin



 
Top