JAMBI -- Era kekinian di tanah air, tak terhitung kalinya masjid yang sejatinya merupakan rumah suci umat Islam dikotori oleh perilaku tak lazim segelintir individu. 

Terkini, seorang pria di Jambi diamankan jemaah masjid setelah ketahuan menyamar jadi jemaah wanita dengan menggunakan cadar. 

Pria tersebut kemudian diinterogasi warga hingga videonya viral di media sosial (medsos). Penjaga Masjid Arraudhoh, Jumadiansyah, membenarkan adanya kejadian tersebut ketika dikonfirmasi awak media, Senin (11/10/2021).

"Iya itu kejadiannya di masjid sini. Kejadiannya itu pada saat habis salat Magrib. Saat itu, pria tersebut salat di bagian saf perempuan dengan menggunakan cadar yang nutupi muka dan tubuhnya," paparnya.

Peristiwa lelaki menyamar jadi wanita dengan memakai cadar itu berlangsung pada Rabu (6/10) lalu di Masjid Arraudhoh, Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Sempat Masuk Toilet Wanita

Pria yang menyamar jadi wanita itu diketahui berinisial WR. Aksinya penyamarannya terbongkar ketika salah seorang jamaah wanita curiga akan tingkah lakunya.

Selain salat berjemaah di saf wanita, pria itu sempat masuk ke toilet wanita dengan menggunakan cadar yang menutupi bagian muka dan seluruh badannya.

Hingga selesai salat dilakukan, ketika hendak pulang. WR pun diperiksa para jemaah lainnya untuk membuka cadarnya hingga akhirnya seluruh jemaah kaget akan aksi yang dilakukan oleh pria itu.

"Jadi ketahuannya itu dari suaranya, ada seorang jemaah wanita curiga dari suaranya yang seperti laki-laki, ketika dilaporkan dengan jemaah lain dicek disuruh buka, ternyata benar laki-laki menyamar jadi wanita dengan gunakan cadar. Kaget juga sih," ujar Jumadi.

Sempat Cipika Cipiki

Tak saja melaksanakan salat berjemaah satu saf bersama wanita, pria itu dilaporkan juga sempat melakukan cium pipi kanan-cium pipi kiri (cipika-cipiki) dengan jemaah wanita lainnya saat menggunakan cadarnya itu.

Tindakan pria itu awalnya tak dicurigai jemaah lainnya. Namun suara khas laki-laki yang ada membuat seluruh jemaah meminta cadar itu dibuka.

Usai cadar itu dibuka, pria itu hanya terdiam tak banyak bersuara. Hingga akhirnya polisi mengamankan WR untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan.

"Setelah diamankan oleh jemaah, pria itu dibawa ke kantor polisi di Polsek Telanaipura, nah kita tidak tahu hal selanjutnya lagi," kata Jumadi.

Jumadi juga menyebutkan, aksi penyamaran pria menjadi wanita ini baru pertama kali terjadi sepanjang dirinya menjadi petugas jaga dan kebersihan di masjid tersebut. 

#dtc/bin




 
Top