Kawasan Kampung Pondok, selain terkenal dengan aneka citarasa jajanan (kuliner) pembuka selera -- mengingat keanekaragaman etnik warganya -- juga identik dengan (maaf) 'jajanan surgawi' yang diduga difasilitasi oleh beberapa hotel melati setempat. Dalam hal ini Pemko Padang telah acap kali melakukan penertiban bahkan mengambil tindakan tegas. 

PADANG -- Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mengatakan, Kelurahan Kampung Pondok akan dipersiapkan menjadi perkampungan moderasi beragama Kota Padang dan pertama di Pulau Sumatera.

Andree menyebut Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat merupakan miniatur Indonesia. Sebab, kelurahan ini didiami oleh penduduk yang heterogen dengan keharmonisan dan toleransi yang tinggi antarumat beragama.

Semoga Kampung Pondok bisa menjadi role model bagi Kota Padang keseluruhan hingga kota lainnya di Indonesia,” ucap mantan Lurah Kampung Pondok ini, saat membuka acara Temu Tokoh Lintas Agama Kampung Kerukunan Antar Umat Beragama Kota Padang di Gedung Himpunan Bersatu Teguh, Sabtu (8/6/2024).

Acara ini diinisasi oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang. Sebab itu, Andree memberi apresiasi karena dapat mendukung terwujudnya Kota Padang yang toleran dan harmonis.

Sebaliknya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Edy Oktaviandi memuji Pemerintah Kota Padang yang serius mewadahi dan mendukung program untuk mewujudkan kerukunan di tengah-tengah masyarakat.

Ia mengatakan, Pemko Padang melalui Kemenag mengeluarkan kebijakan tentang moderasi beragama, yaitu cara pandang, sikap dan perilaku selalu mengambil posisi tengah, selalu bertindak adil dalam beragama.

Turut hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabankesbangpol) Kota Padang Tarmizi, Ketua FKUB Kota Padang Prof. Salmadanis, dan unsur Forkopimda Kota Padang. 

#rel/bin




 
Top