PADANG – Hujan deras disertai angin badai melanda Kota Padang sejak Sabtu (22/6/2019) siang. Akibatnya, sejumlah pohon pelindung tumbang ke badan jalan. Bahkan sampai menimpa satu unit mobil warga.

“Ya, ada mobil yang kena pohon tumbang di jalan Hayam Wuruk. Tapi pengemudinya selamat,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Edi Hasymi.

Menurut Edi, setidaknya ada 10 batang pohon tumbang yang tersebar di berbagai jalan Kota Padang. Beruntung, peristiwa alam itu tidak menelan korban jiwa. Namun, akibat kejadian itu, akses jalan sempat terganggu dan menimbulkan kemacetan.

“Tapi sekarang sudah lancar lagi. Pohon tumbang karena angin kencang dan hujan yang berlangsung sejak pukul 10.55 WIB pagi sore hari,” katanya.

Pohon tumbang yang sempat mengganggu akses transportasi diantaranya terjadi di Jalan Rasuna Said, Jalan WR Mongonsidi depan GOR Prayoga, dan Jalan Pulai Banjir Kanal, Sawahan Timur. Pohon tumbang juga ada di Jalan Beringin Ujung Simpang Pinus, Lolong Belanti dan beberapa titik lainnya.

“Kalau jenisnya beragam. Mulai dari mahoni, trembesi, seri, hingga kedondong, durian dan sukun. Panjang pohonnya mulai dari 8 hingga 15 meter,” bebernya.

Edi meminta warga tetap waspada. Terutama masyarakat yang rumahnya dekat dengan pohon-pohon pelindung, juga para pengendara. Apalagi, menurut analisa BMKG, Padang akan dilanda hujan hingga satu pekan ke depan.

“Yang berkendara saat angin dan hujan, upayakan berhenti dulu. Mari jaga keselamatan,” pintanya.

(iko/ede)
 
Top