PADANG -- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Sumatera Barat dalam waktu dekat akan menggelar iven akbar yang bertema "Livestock Expo & Kontes Ternak 2019".

Kegiatan ini rencananya akan digelar selama tiga hari, mulai tanggal 26 hingga 28 Juni 2019 mendatang, bertempat di Kelurahan Air Pacah dan Kota Padang selaku tuan rumah.

Kepala Disnakkeswan Sumbar, drh. Erinaldi, MM menyebutkan, iven ini diharapkan mampu menciptakan peluang bidang agro industri terkait perkembangan teknologi industri, serta berbagai isu terbaru soal peluang investasi dan membangun kerjasama kemitraan dalam usaha perternakan di Sumbar. 

"Melalui Livestock Expo & Kontes Ternak 2019, kita tingkatkan pemberdayaan peternak selaku mitra dalam menunjang pembangunan peternakan," ujarnya di Padang, Rabu (19/6/2019).

Selanjutnya Erinaldi menambahkan melalui iven ini juga dapat meningkatkan produksi dan produktifitas produk unggulan peternak dalam upaya swasembada daging, telur dan susu di Sumbar. 

"Dalam upaya meningkatkan angka kelahiran ternak sapi, pemerintah telah berhasil mengadopsi teknologi inseminasi buatan (IB) dan transfer embrio (TE). Melalui teknologi itu mampu memperbaiki mutu genetik ternak sehingga mampu meningkatkan produksi,"terangnya.

Adapun tujuan digelarnya iven ini adalah sebagai berikut : 

1. Menyebarkan informasi hasil pembangunan peternakan di Sumatera Barat.

2. Meningkatkan promosi produk-produk unggulan daerah yang berdaya saing.

3. Meningkatkan kwalitas dan kwantitas ternak.

4. Meningkatkan pelayanan peternakan dan kesehatan hewan.

5. Meningkatkan pengetahuan, wawasan dan

6. Kemandirian pelaku usaha peternakan.

(rel/ede)
 
Top