Heriyanto Rustam
PADANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Padang menerapkan Sistem Informasi Layanan Pengaduan Kekerasan (Silaras) terhadap perempuan dan anak. Silaras dapat diakses di https://silaras.padang.go.id/

Kepala Dinas P3AP2KB Kota Padang, Heriyanto Rustam mengatakan, website "Silaras" yang sudah diterapkan dan eksis sejak enam bulan lalu diharapkan menjadi sarana pelaporan keluhan masyarakat dalam hal kekerasan agar nantinya keluhan yang dialami bisa dibantu untuk diselesaikan dengan baik dan kesadaran masyarakat untuk melaporkan kekerasan yang dialami semakin tinggi.

"Keuntungan dari adanya "Silaras" ini dapat menjaga rahasia permasalahan keluarga sekaligus menghemat biaya pelapor nantinya. Sejak adanya website ini, sudah tercatat 100 lebih pengaduan yang masuk hingga saat ini," jelasnya di Padang, Kamis (20/6/2019). 

Pada laporan atau pengaduan masyarakat yang masuk dalam website ini nantinya akan dibantu oleh tim penanganan kasus untuk menindaklanjuti sekaligus memberikan solusi dengan turun kEkse lapangan, untuk klarifikasi dan penanganan lebih lanjut.

Sekretaris P3AP2KB, Mardanis juga mengatakan, pengaduan yang paling banyak saat ini yakni tentang kekerasan seksual yang dialami masyarakat serta adanya LGBT dan lainnya.

"Hingga kini kita terus melakukan sosialisasi ke seluruh masyarakat untuk mengurangi jumlah kekerasan seksual, karena biasanya korban kebanyakan adalah anak-anak," katanya.

(des/ede)
 
Top