JAKARTA -- Kebakaran melanda Lapas Kelas I Tangerang yang berada di Jl. Veteran, Babakan, Kota Tangerang pada Rabu (8/9/2021) sekitar pukul 02.00 dini hari, memakan korban 41 orang meninggal. Kondisi lapas kini overkapasitas.

"Kalau kondisi lapas, tentunya overkapasitas ya. Dari kapasitas yang seharusnya 900an ini terisi 2.069 orang," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjenpas, Rika Apriyanti kepada awak media, Rabu (8/9/2021).

BACA JUGA: RS Polri Terima 41 Kantong Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Rika menjelaskan bahwa penjagaan tetap dilakukan. Setiap sif dijaga 13 petugas.

"Dan kekuatan penjagaan di setiap sifnya adalah 13 orang. Tentunya memang bukan jadi alasan, tetapi itulah tantangan yang kami hadapi. SOP tentunya tetap berjalan. Apalagi SOP penanganan kebakaran seperti ini," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, kebakaran bermula dari Blok C II.

"Dari kamar di Blok C II kemudian merembet ke yang lain," kata Kombes Yusri saat dihubungi, Rabu (8/9/2021).

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dan api dapat dipadamkan pada pukul 04.00 WIB. Penyebabnya sementara diduga akibat korsleting listrik.

Yusri mengonfirmasi korban meninggal akibat kebakaran sebanyak 41 orang. Beberapa lainnya mengalami luka-luka.

"41 meninggal, 8 luka berat, sisanya luka ringan dirawat di Poliklinik Lapas," lanjutnya.

Menindaklanjuti kejadian ini, Ditjenpas membuka hotline bagi keluarga tahanan Lapas Kelas I Tangerang untuk mengetahui kondisi keluarganya.

BACA JUGA: Kebakaran Hebat Lapas Tangerang, 41 Orang Tewas, 81 Terluka

"Saat ini masih berproses, untuk itu dalam kesempatan ini kami membuka seluas-luasnya kepada keluarga yang ingin mengetahui kondisi dari warga binaan keluarganya yang menjalankan pidana di Lapas Kelas 1 Tangerang. Kami juga sudah memiliki call center, silahkan keluarganya untuk menghubungi 081383557758," kata Rika Apriyanti.

"Kami sangat terbuka 24 jam untuk keluarga yang ingin mengetahui kondisi dari keluarganya," tambahnya.

#detik/dekade





 
Top