SOLSEL, SUMBAR – Keluarga besar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Solok Selatan berduka, dimana Kepala Kantor Kemenag (Kakan Kemenag) Solsel, Kasmir dikabarkan meninggal dunia pada usia 57 tahun di RSUD Solok Selatan pada pukul 13.00 WIB, Senin (10/6/2024).

Kepergian Kasmir menghadap sang pencipta, membuat semua jajaran Kemenag serta semua pihak di Solok Selatan terkejut dan turut mengucapkan ungkapan dukacita di media sosial (medsos).

Kasubag TU Kemenag Solok Selatan (Solsel), Syafra Haradi membenarkan kabar tersebut. “Pagi tadi, menjelang apel beliau juga mengatakan kurang enak badan dan diperintahkan kami yang memimpin apel upacara Senin di halaman kantor,” kata Syafra Haradi.

Menurut Syafra, beliau (H. Kasmir) sempat mengatakan, akan langsung menuju ke madrasah untuk menghadiri acara dan meminta waktu untuk beristirahat terlebih dulu karena merasa kurang fit. Kemudian usai upacara, beliau berangkat bersama Kasi Pendis Syaiful Anwar menuju MTsN 4 Solsel di Lubuk Malako untuk membuka kegiatan.

“Setelah acara itulah beliau merasa pusing dan sempat merasa sakit di dada. Kemudian dilarikan ke RSU Pratama (RSUD Batang Hari) di Lubuk Malako untuk mendapat pertolongan. Selanjutnya dirujuk ke RSUD Solok Selatan di Muaralabuh,” kata Syafra Haradi.

Perkiraan sementara, Kasmir mengidap serangan jantung dan menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 13.00 WIB di RSUD Solok Selatan.

“Saat ini, almarhum Kakan Kemenag Kasmir dibawa ke rumah duka di Simpang Tinju (Simpang Kandih) Siteba, Padang,” kata Syafra Haradi.

Semasa kepemimpinannya sebagai Kakan Kemenag Solsel, Kasmir telah banyak membawa peningkatan pelayanan umat dan telah berhasil mendukung Pemda Solok Selatan saat menjadi tuan rumah MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumbar XL pada Desember 2023.

Selain itu, pencanangan moderasi beragama, program halal dan berbagai program lainnya yang menjadi program unggulan Kementerian Agama RI juga sudah beliau laksanakan dengan baik. 

#hln/bin




 
Top