JAKARTA --  Luapan air bah menerjang pemukiman warga di Ngarai Sianok pada sore hari ini, Senin (3/6/2024). 

Banjir besar yang datang secara mendadak itu terjadi akibat meluapnya sungai Sianok yang merupakan salah satu jalur lahar Gunung Marapi. 

Disebutkan dalam akun Instagram @kababukittinggi bahwa banjir besar Ngarai Sianok terjadi menjelang sore hari atau pukul 15.15 WIB.

Sementara dalam video lainnya terlihat rumah warga yang bermukim di wilayah Ngarai Sianok terendam air yang mengalir deras.

Juga terdengar narasi dari sosok yang mengambil video banjir bahwa air barusan mendadak naik dan merendam rumah warga.

Terlihat juga rumah warga yang perlahan rubuh lalu terbawa oleh aliran air yang cukup deras.

Dalam video lainnya terlihat warga yang telah mulai meninggalkan rumahnya sembari mencoba untuk mencari tetangga dan kerabatnya.

Pihak pemerintah kota yang diwakili oleh Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi bersama Kepala Dinas Damkar Kota Bukittinggi langsung menyambangi lokasi kejadian.

Banjir besar itu tidak berlangsung lama, pada pukul 16.45 WIB terlihat banjir telah mulai surut dan wargapun kembali ke rumah, membersihkan serta mengumpulkan barang-barang yang masih bisa terselamatkan.

Terlihat sungai Batang Sianok juga telah mengalir seperti semula serta warga yang berkerumun menyaksikan dampak banjir.

Banjir yang tiba-tiba melanda wilayah Ngarai Sianok ini diketahui tidak adanya korban jiwa, namun warung serta berbagai fasilitas wisata banyak yang mengalami kerusakan. 

#adi





 
Top