JAKARTA -- Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengungkapkan, pembangunan jalan Tol Trans Sumatera masih terus dikerjakan. Pembangunan sedang dikejar untuk arus mudik Lebaran 2019.

Bintang mengatakan, pada Lebaran 2019 nanti rute Bakauheni-Palembang dapat ditempuh lewat Trans Sumatera hanya dalam waktu 5-6 jam. Sebelumnya, waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 12 jam.

"Yang nantinya akan sampai Lebaran, insya Allah dari Bakauheni-Palembang bisa ditempuh dari yang semula belum ada jalan tol memerlukan waktu 12 jam, ini nanti bisa ditempuh hanya 5-6 jam saja," kata Bintang dalam seminar di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Bintang juga menjelaskan, bahwa pembangunan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Aceh membutuhkan investasi yang sangat besar. Nilainya mencapai Rp 250 triliun.

"Jadi dari Bakauheni-Aceh itu kurang lebih 2.700 km. Itu memerlukan investasi yang sangat besar kurang lebih Rp 250 triliun. Sangat berbeda dari satu tempat ke tempat lain kita bangun jalannya. Ada pakai teknologi macam-macam," jelasnya.

Lebih dari itu,  paparnya lagi, beberapa ruas Tol Trans Sumatera saat ini sudah mulai beroperasi. Contohnya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Ruas-ruas yang sudah dibangun dan beroperasi yaitu Medan-Binjai 17 km, masih ada beberapa km yang belum. Palembang-Indralaya 22 km sudah beroperasi, kemudian Bakauheni-Terbanggi Besar 140 km sudah beroperasi tapi belum berbayar," tuturnya, seperti dilansir detikcom. 

(dtc/nov)
 
Top