PASAMAN. SUMBAR -- Pemerintah  Kabupaten Pasaman berhasil mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) untuk mensejahterakan seluruh penduduknya melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman Saiyo (JKMP-Saiyo). 

Per 1 Maret 2019, akan ada penambahan alokasi quota penerima bantuan iuran (PBI) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Tidak tanggung – tanggung, jumlah yang akan menjadi peserta baru Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) PBI APBD sebanyak 21.769 jiwa.

Penandatanganan perjanjian kerjasama  JKMP-Saiyo), dilaksanakan Senin (25/2/2019) ini lapangan kantor Bupati Pasaman, dibuka Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Kedeputian BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi, Siswandi

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran pimpinan Pemkab Pasaman, seluruh Kepala OPD dan ASN di Kabupaten Pasaman bersama rombongan dari BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi.

Dalam sambutannya, Yusuf menyatakan apresiasi atas tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Pasaman per 1 Maret 2019 serta atas kontribusi seluruh pihak dalam mewujudkan implementasi UUD 1945 pasal 34 tentang pengembangan sistem Jaminan Sosial, khususnya bidang kesehatan.

“Saya selaku pimpinan daerah sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di jajaran saya ini, terkhususnya Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial karena melalui kebijakan ini masyarakat Kabupaten Pasaman dapat berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik di semua tingkat pelayanan kesehatan. Sehingga, bisa meningkatkan kesejahteraan yang sudah lama kami cita – citakan," ungkap Yusuf Lubis. 

Ia berharap, integrasi JKSS dan JKMP- Saiyo ke dalam program JKN-KIS ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Pasaman, dan kerja sama ini pada akhirnya mengantarkan pada cita-cita mulia yaitu mewujudkan Universal Health Coverage atau cakupan jaminan kesehatan semesta bagi seluruh masyarakat Pasaman. 

"Alhamdulillah tadi sudah diberikan penghargaan oleh BPJS Kesehatan yang langsung di bawah Presiden selaku Direksi kepada kita semua, masyarakat Pasaman yang saya cintai," ujar Bupati Yusuf Lubis.

Ia menambahkan, pemerintah daerah telah berkomitmen mendukung program mulia ini, terutama hal kesejahteraan Pemerintah Daerah selalu berupaya menjadi garda terdepan. Dimana program ini telah tertuang dalam nawa cita yang telah ditetapkan oleh Presiden terutama peningkatan kesejahteraan melalui kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kedeputian BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng – Jambi, Siswandi, menyampaikan apresiasinya pula kepada Pemkab Pasaman yang tiada henti berjuang mensukseskan UHC ini. Ia berharap dengan UHC ini maka akses pelayanan kesehatan akan semakin mudah dan dirasakan langsung oleh masyarakat Pasaman secara merata. BPJS Kesehatan akan berkoordinasi terus dengan Pemkab Pasaman untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan demi terciptanya masyarakat Pasaman yang madani dan berkeadilan sosial.

“Kami menyampaikan penghargaan yang tinggi dan mengucapkan terima kasih atas niatan mulia Pemkab Pasaman serta seluruh pemangku kepentingan, yang turut berperan aktif dalam menyehatkan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk di Kabupaten Pasaman melalui program JKN-KIS. Dengan adanya komitmen yang kuat dari Pemkab Pasaman, kami yakin perlindungan Program JKN-KIS akan semakin luas dirasakan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Pasaman,” ungkap Siswandi.

Sebelumnya, Kabupaten Pasaman telah memiliki Jaminan Kesehatan Saiyo Sakato (JKSS) yang bersumber dari sharing APBD kabupaten dan Provinsi Sumatera Barat sebanyak 65.603 jiwa. Total peserta JKN – KIS di Kabupaten Pasaman per Maret 2019 mencapai 303.699 jiwa dari jumlah penduduk 317.520 jiwa.

Jika dipresentase sudah mencapai 95,65% penduduk Pasaman yang terlindungi Program JKN – KIS. Tinggal 4,35% lagi yang belum terlindungi, tapi angka ini disinyalir adalah tinggal orang – orang yang mampu secara ekonomi dan pekerja formal yang belum mendaftarkan diri. Sedangkan masyarakat miskin dan tidak mampu semua sudah terlindungi jaminan
kesehatannya.

(mad/ede)



#redaksi.sumatrazone@yahoo.com
#hotline: 081267866121
 
Top