PASAMAN, SUMBAR -- Bupati Pasaman Yusuf Lubis didampingi Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pembangunan, enam kepala OPD, seorang sekretaris dinas dan enam kepala bidang (kabid) membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rao Selatan, bertempat  di aula kantor camat, Selasa (19/2/2019).

Musrenbang juga dihadiri oleh
Camat bersama muspika, seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP, Kepala Puskesmas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, stakeholder lainnya di lingkungan Rao Selatan.

Bupati dalam arahannya menyampaikan, perencanaan pembangunan daerah merupakan suatu proses untuk menentukan kebijakan masa depan melalui urutan pilihan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumberdaya yang ada dalam jangka waktu tertentu.

“Musrenbang yang kita laksanakan hari ini wujud dari pendekatan “bottom up” usulan dari masyarakat nagari, dimana masyarakat bersama pemangku kepentingan menyampaikan dan membahas usulan pembangunan sesuai dengan prioritas dan kebutuhan masyarakat nagari”, tambah Bupati.

Lanjut bupati, berdasarkan agenda prioritas pembangunan tersebut, seluruh rencana pembangunan dirumuskan mulai dari perencanaan tingkat Nagari, tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten bahkan dapat diperjuangkan pada Musrenbang  tingkat Provinsi dan Nasional.

Pada tempat yang sama Plt. Kepala Bappeda Pasaman Choiruddin Batubara menegaskan bahwa musrenbang merupakan bagian dari proses perencanaan yang harus kita lalui dan hasilnya nanti akan diselaraskan dengan rencana kerja SKPD dan Pokok-Pokok Pikiran Anggota DPRD Kabupaten Pasaman hingga menjadi rencana kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020.

Pada kesempatan yang sama Camat Rao Selatan Khairul Insan, SP., juga menyampaikan kegiatan hasil musrenbang yang dihimpun dari 3 nagari se-Kecamatan Rao Selatan (Lansek Kodok, Lubuk Layang, Tanjung Betung) yang dilaksanakan beberapa bulan lalu.

Ada beberapa pembangunan infrastruktur yang perlu diprioritaskan pembangunannya di tahun 2020, yang meliputi pembangunan jalan, infrastruktur Pertanian, Perikanan dan Perkebunan kata Khairul Insan yang akrab dengan sapaan Irul.

Tak kalah pentingnya, di tahun 2020 dapat dilaksanakan pekerjaan 
paving block depan Kantor Camat, Gedung Serbaguna, Rehab Aula Kantor camat Rao Selatan katanya. 

(mad/ede)



#redaksi.sumatrazone@yahoo.com
#hotline: 081267866121
 
Top