PADANGPANJANG, SUMBAR -- Guna memperoleh informasi yang akurat tentang potensi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kerjanya, Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) menggelar kegiatan Pelatihan dan Pemetaan Potensi PNS di Auditorium Mifan Water Park, Senin (18/2/2019).

 Kegiatan dengan mendatangkan Tim Assesor dari Universitas Indonesia (UI) ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul, dengan peserta pelatihan sebanyak 198 orang, terdiri dari fungsional umum dan seluruh OPD di lingkungan Pemko Padang Panjang. 

Asrul dalam kesempatan ini menyampaikan, keberadaan PNS di era reformasi dan penyelenggaraan otonomi daerah sekarang ini memiliki posisi yang sangat strategis, karena lancar tidak atau baik buruknya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik sangat tergantung kepada kompetensi yang dimiliki dan dikuasai oleh PNS tersebut.

"Seorang PNS akan meningkat kinerjanya apabila dalam bekerja ia memiliki motivasi yang tinggi, sebaliknya orang yang memiliki motivasi rendah akan cenderung bekerja asal-asalan dan memiliki kinerja yang tidak memuaskan," ujarnya. 

 Dengan begitu, asesmen kompetensi digunakan sebagai alat untuk pengembangan pegawai dan pola karier yang mungkin dan bisa dibebankan kepada seorang PNS sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. 

"Kita berharap niat baik ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan perubahan yang baik untuk ke depannya," tutup Asrul. 

Selanjutnya, Kepala BKPSDM Hendra Putra, S.ST, MT, menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari terhitung hari ini hingga Rabu besok (18-20/2/2019). Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk gabungan pelatihan dan uji kompetensi.

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang diinginkan sesuai dengan potensi serta kemampuan yang dimiliki masing-masing peserta," harapnya.

 #kominfo.padangpanjang #ci/ede #redaksi.sumatrazone@yahoo.com #hotline: 081267866121
 
Top