KOTO Gadang Koto Anau adalah sebuah nagari di Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Nagari ini terletak di kaki Gunung Talang, berada pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut dengan topografi daerah berbukit-bukit dan lurah terjal yang dalam.

Secara geografis letak nagari ini terlihat unik. Bentuknya mengerucut bagaikan piramid, kucuik ka ateh kambang ka bawah

Nagari ini digerayangi air bandar yang berliku mengikut letak rumah penduduk yang tidak tertata. Bandar air itu disebut ula lidi mambalik koto. Hampir tidak ada halaman rumah yang tidak dialiri air bandar yang jernih ini.

Pesona Nagari Koto Anau makin lengkap dengan air terjun pada beberapa dinding lurahnya. Masyarakat Koto Anau menyebutnya dengan kata timbulun tujuah salirik

Di salah satu jorongnya terdapat mata air panas yang sering dipakai untuk mandi. Nagari Koto Anau memang kaya dengan aliran air. Bahkan sempat dimanfaatkan sebagai pembangkit energi listrik. Bekas pembangkit listrik itu masih ada sampai saat ini. Mungkin bisa dianggap sebagai monumen dari kejayaan nagari Koto Anau masa lalu.

Di bagian tengah nagari, dengan tanjakan yang lumayan tajam, terdapat jalan raya yang menghubungkannya dengan beberapa nagari tetangga dan kota Solok. Jalan raya itu selalu dilalui bus menuju perkampungan di pinggiran Danau Kembar (Danau Di atas dan Danau Di bawah). 

Bunyi raungan mobil mendaki jalanan selalu membelah keheningan nagari Koto Anau yang damai. Letak ataupun posisi jalan itu bagaikan sisiran rambut belah di tengah. Jalan raya ini dinyatakan dengan kiasan saga rambuik mambalah banak. Bahkan sampai saat ini, nagari yang dulunya terkenal dengan para saudagar cengkehnya ini identik dengan sebutan "Koto Anau Koto Basaga".

#wikipedia





 
Top