JAKARTA -- Produsen farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) resmi bekerjasama dengan perusahaan obat asal Korea Selatan, Genexine, Inc. untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Vaksin yang diberi nama GX-19 ini akan diujicobakan kepada manusia di Indonesia mulai bulan Juni 2020.

Direktur Kalbe Farma Sie Djohan mengatakan kerja sama ini dilakukan perusahaan untuk membantu pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Kalbe berharap melalui upaya penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 ini secara cepat bisa mendapatkan hasil, sehingga kebutuhan vaksin di Indonesia dapat terjamin ketersediaannya," kata Sie Djohan dalam siaran persnya, Kamis (28/5/2020).

Pengembangan vaksin ini sebelumnya telah dilakukan menggunakan DNA virus corona baru oleh konsorsium dengan Genexine, Binex, the International Vaccine Institute(IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), and Pohang University of Science & Technology (POSTECH).

Percobaan awal GX-19 dilakukan pada primata dan terbukti dapat menghasilkan antibodi yang dapat menetralisir virus corona. Untuk tahap selanjutnya membutuhkan uji coba kepada manusia.

Perusahaan ini mengakui akan menggandeng lembaga pemerintah untuk untuk berkolaborasi mengembangkan vaksin Covid-19 ini sehingga proses penelitiannya berjalan lancar dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia.

Adapun Kalbe dan Genexine telah cukup lama menjalin kerja sama dengan membentuk perusahaan joint venture (JV) bernama PT Kalbe Genexine Biologic (KGBio). Perusahaan ini ditujukan untuk mengembangkan dan membuat bahan baku obat-obatan bioteknologi di Indonesia.

Sumber: marketbisnis.com
 
Top