PADANG -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Pratiyno memastikan bahwa lebaran tahun ini dirinya tidak mengelar "open house" di kediamannya. Untuk shalat Idul Fitri 1441 Hijriah, ia juga melaksanakan di rumah dinas di Jati Baru, Padang.

Shalat Idul Fitri di rumah dilakukan dalam rangka mengikuti protokol kesehatan dan menghindari kerumumunan di kala pandemi Covid-19.

“Masa pandemi Covid-19 dan tidak boleh ada kerumunan. Kami mohon maaf tidak menggelar open house pada lebaran tahun ini,” ujar Irwan Prayitno, Minggu (24/5/2020).

Gubernur Sumbar berharap, lebaran ini masyarakat cukup melaksanakan shalat Idul Fitri bersama keluarga inti di rumah saja karena saat ini Sumbar masih dalam penerapan PSBB hingga 29 Mei nanti. Sekaitan hal tersebut, Pempov Sumbar telah mengimbau dengan keras agar tidak melakukan kegiatan membuat kerumunan yang bisa mengakibatkan menyebaran Covid-19 semakin meningkat.

“Semoga dengan situasi di tengah pandemi dengan segala keterbatasan tidak mengurangi rasa hormat dan jalinan silaturahim kita semua,” ucapnya.

Gubernur Sumbar juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga Sumbar karena tahun ini tidak menggelar open house.

“Ini bukan berarti silaturahmi kita terputus. Insya Allah silaturrahmi yang merupakan tradisi masyarakat kita secara turun-temurun, dapat kita lakukan di lain waktu,” tutupnya.

(rel/oel)
 
Top