PADANGPANJANG, SUMBAR -- Karena semakin memburuknya kualitas udara di kota Padang Panjang hingga Selasa (24/9/2019) ini, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Padang Panjang bagi-bagi masker kepada masyarakat. 

Pembagian masker ini dimulai tadi pagi sekira pukul 7.00 WIB, dimulai dari simpang PDAM, Simpang Gedung Pertemuan M Syafe'i, Pasar Pusat hingga dibagikan kepada pedagang kaki lima.

Untuk kegiatan ini turun lebih kurang 30 orang perawat perwakilan dari masing-masing instansi dan di bantu beberapa pasukan dari Secara B.

NS. Ade Devita, S.Kep. MM. M.Kes  Ketua PPNI dan Sekretaris Dinas Kesehatan mengatakan kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi sakit pernapasan pada masyarakat. Selain itu juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya dan dampak kabut asap.

"Kami memberikan sosialisasi dengan membagikan pamflet, serta memberi tahu cara pemakaian masker yang benar pada masyarakat", tambahnya.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari kabut asap yaitu disiplin berprilaku hidup bersih dan sehat, gunakan masker, perbanyak minum air putih, kurangi aktivitas luar rumah dan tutup celah rumah dengan kain basah.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah jangan perburukan kondisi dengan merokok, perbanyak konsumsi buah dan sayur, cuci bersih dan masak dengan baik, segera ke sarana pelayanan kesehatan bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lainnya dan mulailah dari diri sendiri.

Turut hadir Ketua Pengendalian Pencegahan Infeksi (PPI) Ners.Masyayunis,  S.Kep dan Ners. Zilda Engreni. 



(rel/ede)
 
Top