AKBP Dony Setyawan (kiri) foto bersama penggantinya, AKBP Feri Suwandi, didampingi ibu Bhayangkari masing-masing 
PADANG -- Pucuk pimpinan Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh resmi berganti, Kamis (19/9/2019). AKBP Dony Setyawan, alumnus Akpol 2000 menggantikan AKBP Endrastyawan Setyowibowo, yang pindah tugas ke Pusdik Binmas Polda Sumbar. Sedangkan pengganti Dony sebagai Kapolres Solok Kota adalah AKBP Feri Suwandi, yang sebelumnya adalah Kapolres Agam.

Sebelum melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya selaku orang nomor satu di jajaran Polres Payakumbuh, AKBP Dony Setyawan terlebih dahulu mohon doa restu kepada warga Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. "Mohon kiranya saya diterima sebagai warga baru Payakumbuh dan Limapuluh Kota," ungkap sosok rendah hati itu kepada wartawan, usai serahterima jabatan (Sertijab) di Padang.

Kapolda Sumbar Irjen Pol. Fakhrizal, memimpin sertijab belasan Kapolres dan pejabat utama di jajaran Polda Sumbar. Kapolres Dony, sebelumnya merupakan Kapolres Solok Kota. Di era kepemimpinannya, Polres Solok Kota berpeluang besar menjadi Satker Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). "Kinerjanya bagus," ujar Kapolda Fakhrizal, tempo hari.

Tidak hanya Kapolda, kaum akar rumput di Solok juga mengaku, selama dipimpin Dony, polisi di Solok Kota lebih dekat dengan rakyat.

Konsep pelayanan Kapolres Dony ini, sejalan dengan semangat Promoter ala Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian. Belakangan, Kapolres Dony juga unjuk prestasi dengan menangkap deader dan para pelaku pembakar hutan.

Kapolri Tito sendiri sudah berkomitmen ke publik, akan menerapkan reward dan punishment terhadap anak buahnya dalam menghadapi bencana kabut asap dan praktik kejahatan pembakaran hutan.

Kepada wartawan, Kapolres Dony mengaku, akan mengabdi sebaik-baiknya di wilayah hukum Polres Payakumbuh. Polres ini, memiliki wilayah administrasi di dua daerah dalam lingkup 10 kecamatan.

Dia berkomitmen, tidak akan kompromi dengan semangat pemberantasan korupsi, narkoba dan kejahatan menonjol lainnya.

"Extra ordinary crime, harus kita hadapi dengan extra ordinary pula," tekad Kapolres Dony.

Dony juga mengaku, akan menggandeng seluruh lapisan masyarakat dalam memelihara keamanan, ketertiban dan menjamin pelayanan di wilkum Polres Payakumbuh.

"Polisi bukan sekedar profesi, namun jalan untuk mengabdi," kata Kapolres Dony, mengutip pesan Presiden RI Joko Widodo.

(jal/ede)
 
Top