MENTAWAI, SUMBAR -- Sebagai langkah antisipasi jangkitan virus Corona ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Puskesmas Muara Siberut bekerjasama dengan Polsek setempat menerapkan wajib cuci tangan dengan sabun steril bagi wisatawan asing maupun anggota masyarakat yang baru turun dari kapal Mentawai Fast di Pelabuhan Siberut. 

"Mengingat kian santernya isu virus Corona hingga ke pelosok, maka kami selaku pihak kesehatan berkewajiban memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat," ujar Kepala Puskesmas Muara Siberut, Marinus, SKM, kepada awak media setempat, Kamis (12/3/2020). 

Menurut Marinus, pihaknya akan terus melakukan kegiatan wajib cuci tangan dengan sabun steril hingga tersedianya alat pendeteksi virus Corona di Puskesmas Muara Siberut. Dengan mencuci tangan tiap turun dari kapal, wisatawan asing dan masyarakat merasa lebih nyaman bila bersalaman satu sama lain.

Namun demikian, Marinus berharap wabah virus Corona tidak sampai ke Mentawai. 

"Untuk itu sedini mungkin  masyarakat kita ajak supaya meningkatkan kewaspadaan terhadap jangkitan virus mematikan tersebut, salah satunya dengan menjaga kebersihan dan cuci tangan secara rutin," imbaunya. 

(man/ede)
 
Top