f: dok.lenggogeni
PADANG -- Iven kolosal Astindo Travel
Fair (ATF) 2020 di Plaza Andalas, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) resmi ditutup, Minggu (8/3/2020) malam. Penutupan tourism expo ini ditandai dengan penyerahan hadiah dari aneka lomba yang digagas jajaran Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Sumbar. 

Ketua Astindo Sumbar, Nasirman Chan, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakri serta perwakilan dewan juri Guspen Khairul dan Zulnadi secara bergantian menyerahkan hadiah menarik berupa tabungan, tropi, piagam dan paket perjalanan wisata ke Malaysia untuk para pemenang.

BACA JUGA: Pemprov Apresiasi Semangat Astindo Bangun Pariwisata Sumbar

Untuk kategori lomba karya tulis jurnalistik bertema pariwisata, pemenangnya antara lain Rina Akmal dari media online Tagar.id, dengan tulisan feature berjudul “Pesona
Linggai Park, Destinasi Wisata Maninjau”. Wartawati ini dinobatkan sebagai juara pertama. Ia menempati posisi puncak dari sebanyak 8 jurnalis yang ikut berlomba.

Juara II diberikan kepada Sri Dani dari RRI Padang dengan karya tulis berjudul “Air Terjun Dua Bidadari, Mutiara Terpendam di Lengkung Pelangi”. Sedangkan Juara III kepada wartawan Padang Ekspres, Putra Susanto dengan karya tulis “Dari Camintoran Swissvan Sumatera Itu Lahir Surga di Kaki Kerinci”.

Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial, memberikan ucapan selamat kepada parapemenang. "Teruslah jadi wartawan pelopor kemajuan pariwisata Sumbar,” seru seusai penyerahan hadiah.

Selain lomba karya jurnalistik, ATF 2020 di Plaza Andalas juga diisi lomba mewarnai destinasi wisata, fashion show busana adat Minangkabau anak-anak serta lomba gandang tasa. 

Semaraknya kegiatan tourism expo di lantai dasar Plaza Andalas ini juga didukung atraksi silek pada acara pembukaan, penampilan unpluged Mona dan kawan-kawan jelang acara penutupan, serta atraksi Barongsai pada malam puncak sebelum kegiatan ditutup secara resmi oleh pihak Pemprov Sumbar. 

Gelar ATF 2020 6-8 Maret 2020 ditandai juga dengan penandatanganan kerjasama antara Astindo Sumbar dengan TIKI dan ITTI Malaysia.

Pameran wisata yang menggandeng Tourism Malaysia ini, juga serentak diadakan di dua daerah lainnya yaitu Surabaya dan Bali. Beragam promosi paket perjalanan ke luar negeri ditawarkan di ATF tahun ini.

Khusus penyelenggaraan di Padang, urai Nasirman Chan, mengatakan, promosi destinasi negeri jiran Malaysia lebih mendominasi. Lebih dari 50 persen booth, diborong para pelaku industri pariwisata Malaysia yang berhimpun di bawah payung Tourism Malaysia. 

Adapun produk wisata Malaysia yang berpartisipasi dalam ATF 2020 di Padang antara lain 3D2N AFamosa Resort Melaka, 6D5N Edu-tourism iTTi Academy Malaysia,
beragam destinasi dari Perak, Melaka, Kuala Lumpur, dan sebagainya.

"Kami berharap iven ini akan sukses dan mencapai sasaran penjualan sebesar Rp400 juta,” ungkap owner Limpapeh Tours & Travel yang oleh banyak kalangan akrab disapa "Aciak" ersebut.

(*/ede)

 
Top