PADANG -- Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman Rizal, terperanjat tatkala membaca berita media online yang diposting salah seorang member di group whats'app (WA) Sumbar dalam Online, Rabu (4/3/2020) pagi, pukul 10.16 WIB. 

Berita yang ternyata juga lansiran dari media online lain itu memasang judul "Sumbar Bakal Tolak Penerbangan dari Hang Nadim Batam". Judul tersebut merupakan pernyataan dari Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.  

Menindaklanjuti pemberitaan yang diragukan kebenarannya tersebut, selaku anak buah yang loyal pada pimpinan Jasman Rizal bergegas menghubungi Wagub Nasrul Abit sebagai upaya klarifikasi. 

Benar saja, ternyata sang wagub membantah dan secara tegas menyatakan bahwa dirinya tidak pernah mengeluarkan pernyataan sebagaimana pemberitaan sejumlah media online tersebut. Jasman Rizal menyimpulkan bahwa pernyataan Wagub Nasrul Abit telah dipelintir oleh beberapa media. 

Kawan2 ...

Ternyata berita diatas tidak benar.. barusan ambo sudah tlp pak Wagub utk konfirmasi...

Kami akan mintak hak jawab kpd media ybs dengaj rilis yg akan segera kami sebarkan...

Mhn bantuan kawan2, kepada siapa kami hubungi redaksinya...

Tks

Demikian tulis Jasman Rizal di group WA Sumbar dalam Online, Rabu (4/3/2020) pukul 11.53 WIB. 

Selanjutnya Jasman Rizal menulis pers relis berisi klarifikasi atas beredarnya kutipan pernyataan Wagub Sumbar dimaksud. 

Dalam chat-nya di group WA Sumbar dalam Online pada pukul 13.08 WIB, Jasman Rizal selaku Kabiro Humas Setdaprov Sumbar meminta kepada media yang telah mempublikasi pernyataan Wagub Sumbar yang belakangan dibantah, agar mempublish juga pers relis klarifikasi yang ia posting. "Prinsip keberimbangan...," demikian tulisnya. 

Akhirnya pers relis yang ditulis Jasman Rizal rampung, lalu pada pukul 13.33 WIB ia mempostingnya ke group WA Sumbar dalam Online. 

Berikut klarifikasi dimaksud, dimuat secara utuh: 

Sehubungan dengan beredarnya kutipan pernyataan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang dipelintir oleh beberapa media, maka dengan ini dapat kami klarifikasi sebagai berikut:

1. Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit tidak pernah menyatakan  "bakal tolak penerbangan dari Hang Nadim Batam", karena tidak ada wewenang pemprov Sumbar, itu kebijakan dari Pemerintah Pusat.

2. Wagub Sumbar menjelaskan, apabila ada salah satu pengunjung positif terinfeksi Covid-19 atau suspect virus corona, Pemprov Sumbar telah mempersiapkan segala kemungkinannya. Mulai dari Bandara sampai penyiapan rumah sakitnya. 

3. Untuk kesiapsiagaan jika ada masyarakat terindikasi suspect atau terinfeksi virus Corona, Pemprov Sumbar telah menyiapkan RS M. Jamil di Padang dan RS Achmad Mochtar di Bukittinggi sebagai tempat pelayanan kesehatannya.

4. Wagub Sumbar menyatakan, bahwa "Sesuai arahan dan pernyataan pak Gubernur Sumbar, diminta kita semua waspada, tetapi jangan panik. Tetaplah jaga kesehatan, pola hidup yang sehat dan yang terpenting berserah diri kepada Allah SWT".

5. Jadi, sekali lagi disampaikan, bahwa apa yang telah dipublish oleh beberapa media bahwa Wagub Nasrul Abit menyatakan "Pemprov Sumbar tolak penerbangan dari Batam", adalah tidak benar dan Wagub Nasrul Abit tidak pernah menyatakan seperti itu 

Demikian untuk klarifikasi .

Tks

BIRO HUMAS SETDA PROV SUMBAR

(ede)
 
Top