f: dok.figurnews
PADANG -- Seorang pasien suspect Corona di Rumah Sakit (RS) dr. M. Djamil, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), meninggal dunia Jumat (13/3/2020) pagi, sekira pukul 06.00 WIB. 

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar menyatakan seorang dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masuk ke ruang isolasi di RSUP M. Djamil pada Minggu (8/3/2020). Pasien itu menunjukkan gejala awal Covid-19. Ia kemudian dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (13/3/2020) pukul 06.00 Wib.

"Tadi ada pasien dengan pengawasan yang meninggal dunia dan sempat dirawat di RSUP M. Jamil Padang, namun sampai sejauh ini, penyebab kematiannya adalah disebabkan karena gagal nafas karena pneumonia," papar Kepala Dinkes Sumbar, Merry Yuliesday.

Meski begitu, Merry belum bisa memastikan status Virus Corona pada pasien itu. Ia mengaku masih menunggu hasil uji laboratorium dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

"Kami menunggu hasil lab dari Litbangkes Kemenkes yang sudah dikirim Selasa (10/3). Apabila positif (Covid-19) akan dilakukan tracking tentang riwayat kontak dari pasien itu," katanya.

Juru Bicara RSUP M. Jamil Padang, Gustavianof, menambahkan bahwa kondisi pasien tersebut sudah cukup akut ketika masuk ke rumah sakit. Karena pasien memiliki riwayat umrah.

Menurutnya, perlu dilakukan pelacakan 
kontak pasien. Jika diketahui, hal itu akan membuka jalan bagi penyelidikan epidemiologi selanjutnya.

Terkait dengan hal itu, pihaknya juga sudah meminta jajaran Dinas Kesehatan tingkat kabupaten/kota dan seluruh fasilitas kesehatan untuk bisa melakukan penyelidikan. 

Sumber: HarianHaluan

 
Top