Padang Panjang- Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyatakan potensi zakat di daerah itu bisa mencapai Rp25 miliar per tahun setelah adanya survei di lapangan.

"Potensi zakat ini akan dimaksimalkan untuk ke depannya," kata Ketua Harian BAZ Padang Panjang, Rafles Sama di Padang Panjang, Jumat.

Ia mengatakan potensi zakat yang mencapai Rp25 miliar itu tersebar di berbagai kalangan masyarakat yang sudah wajib memberikan zakat kepada mustahik.

"Yang sudah memiliki kewajiban berzakat itu mereka berprofesi di berbagai bidang," ujarnya.

Untuk saat ini BAZ Padang Panjang belum bisa menggarap potensi zakat yang mencapai miliaran rupiah itu karena berbagai hal.

"Masyarakat masih cenderung menyalurkan zakatnya sendiri kepada mustahik yang sudah sering diberikannya," katanya.

BAZ Padang Panjang saat ini baru bisa mengumpulkan zakat dari kalangan ASN dan beberapa pihak swasta yang ada di daerah itu.

Ia berharap masyarakat yang sudah menjadi muzaki dengan menyalurkan zakatnya secara pribadi selama ini bisa menyalurkannya melalui BAZ.

BAZ melakukan pendistribusian zakat kepada penerima melalui beberapa program, seperti ekonomi produktif atau Padang Panjang makmur, Padang Panjang cerdas, Padang Panjang sehat dan Padang Panjang peduli. (*)


Sumber Antara
 
Top