Padang Panjang–Penilaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota Terbaik dalam Pelaksanaan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2017 oleh Tim Penilai Provinsi Sumatera Barat, kata Sekretaris Disdukcapil Zulkifli, Jum’at, (9/6) melalui pesan elektroniknya.
Disebutkan, Tim Penilai Provinsi yang bertugas ke Disdukcapil Kota Padang Panjang sebanyak 4 orang terdiri dari Bapak Prof. Agus Irianto dari Dewan Riset Daerah (Dosen UNP Padang), Ir. Yusrizal Chan, M.Kom Kabid Pengendalian Pddk, Rini Yuliet, SP Kasi Bina Dinamika Pddk, dan Dani Lesmana D, ST Kasi Bina Kuantitas Pddk. Menurut Zulkifli, sebelumnya melalui surat Sekretaris Daerah Provinsi Nomor : 470/347/DPPKBKPS.2/ VI/2017 perihal Pemberitahuan Jadwal Penilaian yang disampaikan melalui email. Tim Penilai Provinsi disambut oleh Kadis Dukcapil, Sekretaris, Kabid Adminduk, Kabid PIAK serta sejumlah Kasi dan Kasubag terkait.
Lebih jauh disampaikan, indikator penilaian yang dijadikan sebagai acuan Tim Penilai adalah Komitmen Pimpinan Daerah, Pelayanan, Inovasi dan Pemanfaatan Data dengan menggunakan metode penilaian Skala Likert.
Disamping itu, katanya, Tim Penilai juga melakukan wawancara dengan masyarakat terkait dengan pelaksanaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Terhadap kuesioner yang dipertanyakan oleh Tim sudah dijelaskan oleh Kadis, Sekretaris dan Kabid.
Kata Zulkifli, berkaitan dengan komitmen pimpinan daerah terhadap pelayanan publik dijelaskan kepada Tim sangat tinggi sekali yang diaplikasikan melalui kontak layanan pengaduan masyarakat dengan nomor hp 081282211111 yang harus ditindaklanjuti dalam waktu 24 jam. Seluruh dokumen yang dibutuhkan oleh Tim dalam melakukan penilaian telah diserahkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy.
“Harapan kita kepada Tim kiranya Disdukcapil Kota Padang Panjang yang telah berhasil dalam penilaian tingkat nasional dan provinsi serta memperoleh ISO 9001:2015 dapat nantinya masuk nominasi dengan nilai terbaik,” kata Zulkifli mengakhiri. (rel/hs)


 
Top