Solsel Siapkan 14 Pramuwisata di Kawasan SRG

Solsel Siapkan 14 Pramuwisata di Kawasan SRG
Kawasan Saribu Rumah Gadang, Foto : Humas Solsel
Padang Aro (radiotemansejati) – Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempersiapkan 14 orang Pramuwisata / pemandu wisata di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG).
“ini merupakan hasil evaluasi dari acara workshop pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme kawasan SRG selama dua hari (19-20/12/2017) di Wisma Umi Kalsum. Kami merasa perlu untuk mempersiapkan pramuwisata hingga adanya organisasi pemandu wisata permanen di kawasan SRG,” ujar Kepala Bidang Pengembangan dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Budaya Solok Selatan, Denny Yuliandra di Padang Aro, Jumat (22/12/2017).
Ia menjelaskan langkah ini diperlukan sebagai antisipasi dari Pemda agar tidak ada lagi wisatawan yang berkunjung yang tidak mendapatkan informasi mengenai Kawasan SRG.
Seluruh pramuwisata tersebut berasal dari Tenaga Kerja Daerah (TKD), setiap harinya akan ada dua orang yang bertugas mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB dengan posko pada Kantor Balai Pemuda Koto Baru.
Pramuwisata tersebut nantinya akan memandu wisatawan baik rombongan maupun perorangan yang berkunjung. Dan mereka juga akan memberikan penjelasan segala hal yang terkat dengan kawasan SRG hingga fasilitas penginapan, kuliner, oleh-oleh dan lain-lain.
“Setiap pramuwisata yang bertugas harus membuat laporan pelaksanaan tugas setiap harinya,” tambah Denny.
Ia berharap akan ada organisasi pemandu wisata profesional yang muncul dari kawasan SRG sendiri. Terutama dari Kelompok Sadar Wisara SRG yang selama ini ia nilai kurang berfungsi dan tidak berjalan.
 
Top