f: dok.polri.go.id
JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis menerbitkan surat telegram mengenai pengukuhan dan mutasi jabatan terhadap 181 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri. Para perwira ini bertugas di tujuh kepolisian daerah (polda).

Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1278/IV/KEP./2020 tentang Pengukuhan serta Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri ini ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri S. Surat tertanggal 22 April 2020.

Dalam telegram ini, 179 pati dan pamen dikukuhkan jabatannya oleh Kapolri seiring dengan peningkatan tipe polda dari B ke A. Ini artinya, para pati dan pamen tersebut naik pangkat setingkat lebih tinggi.

Sedangkan dua pamen dimutasi. Keduanya yakni AKBP Sisman Adi Pranoto dan AKBP Bulang Bayu Samudera.

Sisman dimutasi dari Kabidpropam Polda Papua Barat menjadi Pamen Baharkam Polri. Selanjutnya, AKBP Bulang Bayu Samudera yang merupakan Wadansat Brimob Polda Kalimantan Barat ditunjuk sebagai Kabidpropam Polda Papua.

Telegram ini juga mencantumkan nama tujuh kapolda. Mereka yakni Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat yang dikukuhkan sebagai Kapolda Bangka Belitung, Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit, dan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Adnas.

Kemudian, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Eko Budi Sampurno, Kapolda Sultra Brigjen Pol Medisyam, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Rikwanto dan Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Tornagogo Sihombing.

Kabidpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, peningkatan tipe polda ditetapkan melalui Surat Telegram Nomor 1189 tahun 2020. ini telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Peningkatan tipe

Dengan peningkatan tipe tersebut, posisi kapolda akan dijabat oleh jenderal bintang 2 dan wakapolda menjadi bintang 1 atau brigjen. Kenaikan tipe Polda ini efektif berlaku 22 April 2020.

“Semua kapolda dan wakapolda pangkat menyesuaikan dengan status tipe di polda tersebut. Kalau sebelumnya polda tipe B dipimpin brigjen naik jadi irjen, begitu juga wakapolda,” kata Asep, Rabu (23/4/2020).

Sumber: inews.id
 
Top