SIJUNJUNG, SUMBAR -- Tinggal menghitung hari, tepatnya tanggal 9 Desember 2020 mendatang, masyarakat Sumatera Barat khususnya Kabupaten Siunjung akan memilih gubernur dan wakil gubenur serta bupati/wakil bupati .

Kamis (26/11/2020) ini, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, SIK, M.Hum mengunjungi gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, bertempat di hall SMA Negeri 2 Sijunjung, jalan Jendral Sudirman Muaro Sijunjung.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolres Andry Kurniawan mengontrol proses pelipatan surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Sedangkan surat suara untuk gubenur dan wakil gubernur, belum datang. 

Pantauan kapolres, kegiatan pelipatan tersebut dilakukan secara manual, dikerjakan oleh 75 orang. Atas pekerjaan pelipatan surat suara ini, pengamanan dilakukan oleh anggota Polres Sijunjung, sedangkan pengawasan oleh Bawaslu. 

Baik tenaga pelipatan surat suara maupun petugas keamanan dan pengawasan di lokasi pekerjaan, semua wajib mematuhi protokol kesehatan. Cek suhu tubuh, jaga jarak serta sering mencuci tangan. 

Ketua KPU Kabupaten Sijunjung Lindo Karsyah, pada kesempatan itu menyampaikan, pelaksanaan pekerjaan pelipatan kertas suara harus dipastikan berada pengawasan ketat melalui prosedur penyotiran, pelipatan dan pengecekan secara teliti.

"Melalui kegiatan ini bisa ditemukan surat suara yang tidak layak, rusak atau cacat. Petugas pelipatan juga dipastikan tidak memiliki afiliasi politik dengan pihak manapun," papar Lindo, demikian komisioner pemilu yang pernah menjadi wartawan surat kabar harian Singgalang itu akrab disapa.

Lebih lanjut, Kapolres Andry Kurniawan menyampaikan kepada petugas pengamanan agar tetap siaga dan memantau situasi setiap saat. 

Ia juga mengingatkan supaya menjaga stamina serta tetap patuhi protokol kesehatan. Bagi yang perokok perhatikan dan jangan sembarangan membuang putung rokoknya, ingat bahaya kebakaran. 

Sebagai antisipasi terjadinya kebakaran, di lokasi wajib tersedia racun api, letakkan pada posisi terjangkau sehingga bisa digunakan bilamana terjadi musibah yang tidak  diinginkan.

(ede)

 
Top