TOURISM Malaysia menjadi pihak terbanyak memborong booth Astindo Travel Fair (ATF) 2020 di Plaza Andalas (PA), Padang, 6 - 8 Maret ini. Aneka produk pelancongan Malaysia bakal mendominasi di ajang "tourism expo" kali ini, sekaligus menjawab keingintahuan besar warga Sumatera Barat akan destinasi wisata unggulan apa saja yang tersedia dan bisa dikunjungi di negeri jiran sana.

Sesuai skedul, ATF 2020 di Plaza Andalas dimulai pada hari ini, Jumat (6/3/2020) dengan acara pembukaan yang dilaksanakan ba'da shalat Jumat. Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, hingga Minggu (8/2/2020). 

BACA JUGA: Astindo Travel Fair 2020 di Padang Bangkitkan Pariwisata Ranah Minang

Warga Sumbar yang mengunjungi tourism expo ini akan diperkenalkan dengan aneka produk perjalanan wisata, baik dalam dan luar negeri, yang tentunya menarik, aman, serba murah, include asuransi gratis perjalanan wisata persembahan Sompo Insurance Indonesia (SII).   


Direktur Tourism Malaysia, Hishamuddin Mustafa, dalam bincang sore di Mahakam Cafe & Resto, Kamis (5/2/2020), mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut baik gelar ATF 2020 di Padang. Ajang ini sejalan dengan "Campaign Visit Malaysia 2020", sehingga memberikan peluang bagi Tourism Malaysia mempromosikan produk produk pelancongan di Malaysia di Indonesia, khususnya pada warga Sumbar.

"Momen ini sekaligus digunakan Tourism Malaysia untuk meyakinkan masyarakat Indonesia, khususnya warga Sumbar bahwa Malaysia aman dikunjungi oleh penduduk Indonesia,"  ujar Hisham.

Hisham yang sore itu didampingi Natasha dari Tourism Malaysia kantor Medan, berharap, kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, sehingga semakin menggairahkan dunia kepariwisataan Malaysia dan Indonesia.



Hisham tak memungkiri jika sindrom
Covid-19 mempengaruhi trend bepergian ke luar negeri. Penurunan jumlah wisatawan mancanegara terjadi di hampir semua negara di dunia. Namun ia menyakinkan bahwa Malaysia adalah negara yang berpengalaman, memiliki kesungguhan serta senantiasa siap dalam mengatasi barbagai ancaman wabah atau virus.

“Pemerintah Malaysia telah membentuk satu badan, Tourism Recovery Committee, untuk memantau perkembangan serta penanganan terhadap penyakit Covid-19 di Malaysia. Kami sampaikan Malaysia is safe dan kami mengundang para pelancong Sumbar untuk datang dan merasakan pengalaman yang menyenangkan di Malasyia,” ujarnya.

Terkait ketersediaan penerbangan ke Malaysia, Hisham mengungkapkan bahwa saat ini penerbangan ke Kuala Lumpur (KL) dari Padang dilayani maskapai Air Asia sebanyak
21 flight seminggu dengan kapasitas 3.780 seats.

Terkait harga tiket pesawat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke KL menurut Hisham juga sangat murah,  harganya mulai dari Rp500.000,-.

"Mudah-mudahan segala kelapangan dan kemudahan yang ada saat ini dapat menarik sebanyak-banyaknya pelancong ke Malaysia," harap profesional pelancongan Malaysia tersebut.

Dipaparkan juga bahwa produk pelancongan Malaysia yang akan hadir di ATF 2020, antara lain Melaka River Centre, ITTI Academy Malaysia. Juga akan disajikan aneka produk pelancongan dari Negeri Perak yang merupakan binaan Perak Bumiputra Tourism Association, antara lain Homestay Labu Kubong Kuala Kangsar, KS Eco Tours, Kelli’es Castle, Kurau Inn dan Adventure350 Tours.
Ketua DPD Astindo Sumbar Nasirman Chan kompak dalam "salam khas" Astindo bersama Sekjend DPP Astindo, Pauline
Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Astindo Sumbar
Nasirman Chan, mengatakan, kegiatan ATF 2020 di Padang terlaksana berkat support dari Tourism Malaysia dan Sompo. Dari 25 booth, 15 di antaranya diisi Malaysia dan akan ada airline lainnya yang akan bergabung.

Tourism expo ini merupakan sinergi dua negara sahabat terdekat di tengah letih dan lesunya sektor pariwisata Sumbar dalam beberapa waktu ke belakang. Mudah-mudahan kondisi ini tidak lama dan cepat bangkit lagi,” ungkap organisatoris senior dan juga entrepreneur tangguh milik Sumbar yang oleh banyak kalangan akrab disapa "Aciak" ini.

BACA JUGA: Ogah Mikirin Corona, Astindo Sumbar Fokus Sukseskan ATF 2020 di Padang!

Pihaknya optimistis target Tourism Malaysia meraup 4 juta pelancong atau kurang dari 2 persen jumlah penduduk Indonesia sepanjang tahun 2020 akan terwujud dan target income RM 100 billion bakal terwujud. 


Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Astindo, Pauline, menambahkan, Astindo yang disupport 16 unit penerbangan dalam maupun luar negeri merupakan kekuatan besar yang punya potensi mewujudkan target Tourism Malaysia tersebut. 

Ia juga mengungkapkan rasa syukur sekaligus salut kepada jajaran Astindo Sumbar atas terselenggaranya ATF untuk kali pertama di Padang. Sementara untuk di Jakarta, ATF rutin dilaksanakan setiap tahun, dimana pelaksanaan tahun ini adalah kali yang kesepuluh dan rata-rata sukses. 

BACA JUGA: Biar Lebih Kumplit, Ini Masukan Astindo untuk Destinasi Wisata di Padang 

"Kendati kondisi sedang kurang baik, dimana masyarakat dunia tengah dirundung sindrom Covid-19, namun semangat, kemauan serta daya juang bapak Nasirman Chan  beserta jajaran begitu luar biasa. Bagaimana pun, pariwisata adalah pilar penunjang perekonomian Indonesia, baik outdoor maupun indoor,"  papar Pauline. 

Selain itu ia juga menyampaikan banyak terimakasih atas supprot destinasi lainnya dalam ATF 2020 di Padang, seperti Tour-
ism Malaysia, sederet bank dan asuransi travel Sompo. Selama pameran, pengunjun mendapatkan harga khusus dan kemudahan pembayaran serta gratis asu-
ransi dari Sompo,” jelasnya.


Sementara itu, Head of Travel & Affinity, Sompo Insurance Indonesia (SII) Maria Susana atau "HanHan" mengaku sangat senang dan antusias SII bisa kembali hadir di ajang ATF 2020. "Ini kali ketiga kami menjadi bagian dari ATF 2020," ungkapnya.

BACA JUGA: Sompo Insurance Indonedia Hadir di Ajang ATF 2020 - Plaza Andalas, Padang!

“Pada kesempatan ini kami memperkenalkan TravelFirst Indonesiana, yakni asuransi perjalanan domestik yang sangat terjangkau. Produk ini adalah hasil dari pengamatan kami, dimana kami melihat antusiasme dan dukungan baik dari pemerintah maupun masyarakat Indonesia terhadap pariwisata domestik semakin kuat. Asuransi perjalanan wisata mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Kami, Sompo Insurance Indonesia, optimis dapat menjadi solusi atas perlindungan perjalanan baik di dalam maupun luar negeri bagi masyarakat Indonesia,” urainya 

Ditambahkannya, Sompo senantiasa memberikan berbagai kemudahan, diskon, program menarik dan pengalaman yang berbeda dari tahun ke tahun untuk pengunjung Astindo Travel Fair.

“Pada ATF 2020 kami tak hanya menyediakan asuransi perlindungan perjalanan, namun juga perlindungan untuk kendaraan bermotor. Kedua hal ini dapat memberikan kesadaran dan edukasi kepada pelancong tentang betapa
pentingnya melindungi perjalanan liburan dari berbagai potensi risiko,” tuturnya. 

***
 
Top