KEGIATAN Familiarization Trip (Famtrip) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) Sumatera Barat bersama rombongan Tourism Malaysia, mulai Senin (10/3/2020) pagi hingga Kamis (11/3/2020) sore, berjalan lancar dalam suasana penuh keceriaan. Cuaca cerah ditambah mulusnya jalur tranportasi, menjadikan momen ini makin spesial. 

Rasa letih selama tiga hari  "jaga stand" melayani pengunjung Astindo Travel Fair (ATF) 2020 di Plaza Andalas, Padang, agaknya tak lagi terasa. Apalagi setelah secara silih berganti mampir ke destinasi-destinasi wisata unggulan sesuai rute Famtrip ATF 2020.

Satu hal paling berkesan yang tak mungkin dilewatkan selama famtrip, apalagi kalau bukan kesempatan mencicipi ragam kuliner khas pada daerah yang dikunjungi! Para tamu dari negeri serumpun Malaysia benar-benar dibikin "basansam" menikmati lezatnya ragam kuliner dalam hidangan "bajamba" khas Minangkabau.


Famtrip ATF 2020 dimulai dari Pantai Padang pada Senin (10/3/2020) pagi. Setelah berfoto bersama, rombongan lanjut ke Pantai Tiram, Padang Pariaman. Di sini rombongan juga berfoto ria di dengan aneka view menawan. 

Selanjutnya rombongan mengunjungi Makam Syech Burhanuddin di Ulakan Tapakis, masih di kawasan Padang Pariaman. Di pasar tradisionalnya, rombongan singgah mencicipi sekaligus memborong aneka  jajanan jenis goreng-gorengan yang didominasi cita rasa dan bahan baku ikan-ikanan. Jajanan paling ngetop di sini tak lain adalah "Sala Lauak"!

Setelah dari Padang Pariaman, rombongan lanjut ke Agam. Di kawasan ini rombongan menikmati destinasi wisata reliji, sebuah masjid tua nan indah menawan, di pinggir Danau Maninjau. 

Rombongan tak lupa foto bersama, berselfie ria sembari memanjakan mata dengan hijaunya air danau, beningnya air yang mengaliri pesawahan ditingkahi gemericik halus air pincuran yang bersumber dari pebukitan di sekeliling danau. 

Setelah puas menghirup segarnya hawa di pinggir Danau Maninjau, rombongan famtrip lanjut ke tanjakan menuju "Kelok Ampek Puluah Ampek" (ind: Kelok 44-red). 

Decak kagum serta aneka komentar seru rombongan Tourism Malaysia kala itu seakan berebut riuh dengan deru kendaraan yang mereka tumpangi. 


Ketika rombongan asyik menikmati liukan kendaraan melintasi kelokan dan tanjakan, Ketua DPD Astindo Sumbar Nasirman Chan yang oleh banyak kalangan akrab disapa "Aciak", buka kartu. "Kelok 33 ini kampung halamannya nenek saya..". Informasi ini langsung disambut lafadz "Subhanallah" oleh Pak Cik Arman, salah seorang anggota rombongan Tourism Malaysia, di group whats app (WA) FAMTRIP ATF 2020. 

Rupanya masing-masing berada di kendaraan terpisah mengingat rombongan famtrip berkonvoi dengan satu bus pariwisata ditambah dua kendaraan pribadi. Namun yang namanya saling komunikasi dan semangat share foto-foto di group WA selama di atas kendaraan, tetap berlanjut. 

Setiba di puncak Kelok Ampek Puluah Ampek rombongan tak melewatkan kesempatan mengabadikan kebersamaan dengan foto bersama di Lawang Park. 

Setelah puas menikmati indah dan sejuknya destinasi Lawang Park, rombongan langsung "trabas" ke Bukittinggi. 


Di kota wisata ini, rombongan mengunjungi objek wisata Ngarai Sianok, foto bersama di landmark "Panorama Ngarai Sianok" dan tentu saja tak lupa melongok ke Lubang Japang, destinasi goa bersejarah yang letaknya masih di areal Ngarai Sianok. 

Begitu senja menjelang, rombongan merapat ke kawasan Jam Gadang Bukittinggi. Foto bersama dan berswafoto sejenak untuk kemudian melepas penat peraduan Mersi Hotel Bukittinggi yang persisnya berlokasi di jalan Tuanku Nan Renceh No.30, Guguk Panjang. 

Setelah breakfast dengan aneka sajian kuliner khas "kota wisata" Bukittunggi, pada famtrip hari kedua, Selasa (10/3/2020) ini, rombongan lanjut ke Payakumbuh/Limapuluh Kota. Kawasan wisata Lembah Harau jadi tujuan pertama untuk dikunjungi. 

Selain memuaskan mata dengan menikmati indahnya hamparan tebing cadas ditingkahi air terjun nan eksotis di kawasan wisata Lembah Harau, tak lupa rombongan mencicipi "kamek"-nya buah durian yang dijajakan warga setempat di pinggir jalan yang dilalui. 


Selepas Lembah Harau, rombongan bertolak ke kawasan wisata Kelok Sambilan yang berada di wilayah perbatasan Provinsi Sumatera Barat dan Riau. 

Selasa (10/3/2020) sore, rombongan Famtrip ATF 2020 telah menginjakkan kaki di kawasan wisata Ustano Pagaruyuang Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. 

Kemegahan istana bagonjong peninggalan Kerajaan Pagaruyuang benar-benar membuat para tamu Malaysia terkesima. Bahkan seorang anggota rombongan Tourism Malaysia yang perempuan kesampaian niatnya "basuntiang anak daro" di objek wisata bersejarah ini. Ritual swafoto lalu foto bersama di destinasi ini, so tak terlewatkan! 

(ede)




 
Top