Oleh: Hishamuddin Mustafa
#Direktur Tourism Malaysia, Medan


KEPARIWISATAAN atau tourism harus kreatif bila ingin menarik lebih banyak kunjungan wisatawan. Disamping kreatif, juga harus berkolaborasi dengan elemen terkait seperti pihak hotel, pengelola objek wisata dan lainnya, jangan sampai justru menimbulkan persaingan yang tidak sehat antara sesama pelaku industri pariwisata.

BACA JUGA: Ini Dia Sosok Paling Getol Yakinkan Malaysia Aman Kunjungan Wisata

Saat ini Malaysia memang terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pariwisata serta mengenalkan destinasi maupun program-program wisata unggulan, salah satunya mengajak wisatawan merasakan pengalaman tinggal di kampung-kampung homestay.

Dalam program ini, wisatawan diajak tinggal sembari merasakan keindahan alam dan belajar budaya setempat. 

Tidak sekedar menawarkan penginapan, para pengelola homestay juga mengajak wisatawan mengenal kebiasaan sehari-hari, makanan khas, serta adat istiadat masyarakat setempat.

Tourism harus kreatif dalam artian selalu menyuguhkan sesuatu yang unik, menarik serta menjadi pengalaman menyenangkan bagi para wisatawan. 

Kreatif, sikap mental ini yang senantiasa dibangun oleh tourism di Malaysia. Masing-masing pelaku industri wisata di Malaysia berlomba memberikan sentuhan inovasi pada paket-paket wisata yang mereka miliki. Kreatif bukan untuk saling bersaing atau menjatuhkan satu sama lain, melainkan demi memberikan rasa puas kepada wisatawan yang datang berkunjung. Kreativitas yang sejalan dengan semangat mengkampanyekan Visit Malaysia 2020, mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya ke Malaysia dengan jaminan rasa aman dan nyaman. 

** Disampaikan dalam kesempatan mendampingi kunjungan silaturahmi manajemen Rangkaian Hotel Seri Malaysia ke kantor redaksi Waspada Online, jalan Brigjen Katamso Medan, Rabu (11/3/2020). Hadir mewakili manajemen Rangkaian Hotel Seri Malaysia, Roslan B Hamid/ Senior Manager dan Farrah Sharizan Bt Mohn Yunus/ Marketing Communications Manager.
 
Top