KEPRIBADIAN ganda atau dalam istilah medis yaitu, Disscociative Identity Disorder (DID) adalah penyakit langka.

Mungkin kamu udah pernah mendengar atau melihat orang dengan kepribadian ganda atau memiliki lebih dari satu identitas dari film-film.

Ternyata, kisah orang dengan kepribadian ganda itu memang benar-benar terjadi lho? Walaupun termasuk sebuah penyakit langka, tapi orang dengan kepribadian ganda itu bukan suatu kecacatan ya?

Mereka hanya butuh dibimbing untuk mencari tahu jati diri mereka dan bagaimana cara untuk mengontrol diri mereka.

Berikut ini ada beberapa kisah sosok dengan kepribadian ganda, coba disimak deh.

1. William Stanley Milligan 
William Stanley Milligan atau biasa dikenal dengan Billy Milligan adalah seseorang yang memiliki 24 kepribadian yang berbeda-beda bahkan kepribadian tersebut nggak saling mengenal.


Pria yang lahir pada 14 februari 1955 ini pernah terlibat dalam kasus pemerkosaan dan penculikan di Ohio State University, Loopers. Tapi, ia dibebaskan dari hukum karena terbukti memiliki 24 kepribadian. 

Kisah Billy pun akhirnya diangkat menjadi buku berjudul 'The Minds of Billy Milligan' yang terbit 1988, ditulis oleh Daniels Keyes dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.

2. Eberhardt Gmelin
Sebenarnya, kelainan kepribadian ganda sudah terjadi pada awal abad ke-18. Kasus Eberhardt Gmelin pada 1791, dianggap sebagai kasus kepribadian ganda pertama yang dilaporkan.

3. Kimi Sand
Saat itu, ia berusia 23 tahun dan mengetahui bahwa ia memiliki kepribadian ganda, nggak cuma dua kepribadian, melainkan 15 kepribadian.

Salah satu kepribadian yang sering dialaminya adalah menjadi anak kecil berusia 4 tahun dan seorang biseksual. Setiap kepribadian yang berbeda-beda itu bisa muncul kapan saja dan langsung mengambil alih kendali tubuhnya.

Terkadang, Kim dapat berubah menjadi koki Jepang bernama Satou, remaja bernama Fiona, balita kembar bernama Jack and Safyer, biseksual bernama Theodore, seorang transgender bernama Finn dan lainnya.

Ada juga film serupa yang berjudul Split, film tersebut menceritakan kisah orang yang berkepribadian ganda juga.

4. Anastasia Wella
Anastasia Wella dikenal sebagai orang pertama di Indonesia yang punya kepribadian ganda.


Wella memiliki 9 kepribadian yang membuatnya sering nggak sadar dengan apa yang dia lakukan. Tapi, biasanya berbagai kepribadiannya berubah ketika ia sedang berada dalam fase depresi dan sulit mengendalikan tubuhnya sendiri.

Wella adalah pribadi asli dari tubuh tersebut, beberapa kepribadian lainnya ada Naura si temperamen, Paula seorang ahli hitung, Saraswati seorang model dan penari, Andreas sosok pria yang suka melakukan kekerasan, dan masih banyak lagi.

Tapi, setelah menjalani terapi rutin, Wella bisa meminimalisir perubahan kepribadian yang sering ia alami.

5. Shirley Ardell Mason
Perempuan yang lahir pada 1923 di Dodge Center, Minnesota, Amerika ini masa kecilnya selalu mengalami penyiksaan oleh ibu kandungnya.


Masa lalunya tersebut membuatnya trauma sehingga ia mengalami Multiply Personality Disorders. Shirley tumbuh menjadi anak dengan 16 kepribadian.

Seorang penulis, Flora Rheta Schreiber pun menuliskan kisah Shirley dalam sebuah novel biografi berjudul Sybil.

Buku tersebut diterbitkan pertama kali pada 1973, bahkan kisahnya juga sudah difilmkan. Setelah menjalani terapi, keadaan Shirley pun membaik dan ia menjadi seorang seniman.

Itu tadi beberapa kisah orang dengan kepribadian ganda, mungkin di luar sana masih banyak yang berjuang untuk mengatasi masalah serupa. 

Sumber: IDNTimes

 
Top