PADANG --  Sebagai bentuk ajang silaturahmi, Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Padang (IKASMANTRI) menyelenggarakan "opening ceremony" IKASMANTRI angkatan 2017 di SMA Negeri 3 Padang, Senin (22/7/2019). Acara dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Selain Ketua Umum IKASMANTRI Padang, Endre Saifoel, turut hadir Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Noviardi dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakhri, para alumni lainnya serta para guru SMA N 3 Padang.

Gubernur Irwan Prayitno yang juga merupakan alumni SMA Negeri 3 Padang tahun 1982, merasa salut karena rata-rata alumni SMA Negeri 3 memiliki semangat kompetisi memajukan sekolah tempat mereka pernah menimba ilmu. Baik berupa semangat membangun dan perbaikan sekolah, maupun semangat dalam menyelesaikan infrastruktrur sekolah. 

"Saya mengapresiasi semua kegiatan yang dilakukan IKASMANTRI demi kemajuan dan nama baik SMA Negeri 3 Padang. Apalagi angkatan 2017 ini masih dua tahun tamat sudah berbakti," ungkapnya.

Irwan Prayitno mengajak semua alumni untuk peduli terhadap sekolah. Jika ada siswa kurang mampu, alumni diharapkan peka dan peduli dengan memberikan bantuan kepada siswa tersebut. Alumni SMA Negeri 3 Padang sudah banyak yang sukses, ada yang pejabat, pengusaha, dokter dan lainnya yang sudah tersebar dimana-mana hingga ke luar negeri.

"Sudah ada sekitar 20 ribu alumni SMA Negeri 3 Padang yang tersebar dimana- mana, bahkan ada di luar negeri. Saya ingatkan bagi para alumni, kalau kita ingin sukses, kita harus berbakti pada orangtua dan ingat selalu guru yang memberikan kita ilmu, sehingga kita bisa sukses," kata Irwan Prayitno.

Selanjutnya Irwan memberikan pertanyaan kepada siswa, bagaimana caranya untuk kita bisa sukses dalam pendidikan, sehingga menjadi juara?. Dengan menunjuk tiga orang siswa, mereka menjawab semuanya dengan benar dan sangat memuaskan.

"Dengan fokus belajar, sungguh-sungguh dan berdoa kepada Allah, maka Insya Allah dapat juara dan mendapat nilai yang bagus, itulah kunci yang mampu membawa kita pada kesuksesan," ucapnya.

Irwan Prayitno mengingatkan agar, siswa SMA Negeri 3 Padang harus selalui mencintai almamater. Sebab, menurutnya almamater adalah tempat menimba ilmu, belajar dan modal sukses di masa depan.

"Cinta almamater itu bukan yang lama menetap di sekolah dalam artian tinggal kelas, tetapi cinta almameter dengan meraih cita-cita dan mengharumkan nama sekolah," ujar Irwan Prayitno berkelakar.

Terakhir sebagai penutupan Irwan Prayitno mengunting pita pelepasan balon, sebagai bentuk kepedulian alumni tahun 2017 terhadap SMA Negeri 3 Padang.

(rel/ede)
 
Top