SAWAHLUNTO -- Peninggalan Tambang Batu Bara Ombilin (TBO) Sawahlunto resmi masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia di United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dengan nama "Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto".

"Ini membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa, sejak tahun 2015 dengan perjuangan panjang akhirnya membuahkan hasil, Alhamdulillah .. tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto masuk dalam UNESCO," ujar Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat meresmikan dua proyek pompa irigasi tenaga surya pertama di Desa Talawi Hilir, Kecamatan Talawi dan jembatan Lakuak Code di Desa Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Senin (8/7/2019). Hadir pada kesempatan tersebut, Dirut PT. Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Wakil Walikota Sawahlunto H. Zohirin Sayuti, Forkopimda dan beberapa karyawan PT. BA serta unsur OPD Sawahlunto.

"Banyak hal yang harus kita persiapkan, mulai dari proses pengumpulan data, penyusunan dokumen secara intensif, bahkan melibatkan para tokoh dan pakar baik dari dalam dan luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura," kata gubernur Sumbar.

Gubernur yang juga politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengklaim bahwa dirinya lah yang menyebutkan TBO Sawahlunto di dalam persidangan ICOMOS (International Council on Monuments and Sites) di Azerbaijan, hingga akhirnya TBO memperoleh pengakuan sebagai warisan dunia atau "world heritage" dari UNESCO dengan memasukkan usulan untuk menambah wilayah enam Kabupaten Kota yang meliputi Padang, Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Solok, Padang Pariaman dan Tanah Datar.

"Karena wilayah tersebut masuk dalam wilayah Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang akhirnya ditetapkan sebagai warisan budaya dunia," ucapnya.

Menurut Irwan Prayitno, saat ini Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sudah masuk daftar warisan budaya dunia yang kelima dimiliki Indonesia tahun 2019. Sebelumnya, ada Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah (1991), Candi Prambanan, Sleman Yogyakarta (1991), Situs Sangiran, Jawa Tengah (1996) dan Sistem Subak di Bali (2012).

Gubernur berharap dengan adanya warisan budaya dunia ini, bisa mendongkrak pariwisata yang ada di Sumbar, pemerintah dan masyarakat harus bisa menunjukkan kemampuan untuk mengelola situs cagar budaya dan warisan dunia.

"Untuk itu, marilah kita jaga warisan budaya dunia ini, karena nantinya akan menjadi destinasi wisata dunia di Sumatera Barat, apalagi dampaknya tentu sangat besar dengan banyaknya para wisatawan yang akan berkunjung ke Sawahlunto nantinya," ungkap Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno juga meminta, agar Pemerintah Kota Sawahlunto mempersiapkan diri dalam bentuk perbaikan insfrastruktur dan membangun hotel yang representatif.

Selanjutnya Gubernur Sumbar mengucapkan terima kasih kepada PT. Bukit Asam (PTBA) yang telah banyak membantu dan berjuang mulai dari awal dalam pembentukan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto menjadi salah satu warisan budaya dunia.

Selain itu PTBA juga membantu pompa irigasi tenaga surya Desa Talawi Hilir, Kecamatan Talawi dan jembatan Lakuak Code di Desa Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, yang sangat membantu masyarakat setempat dengan dana sekitar Rp 1,4 milyar lebih, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan membangun kemandirian masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Arviyan Arifin Dirut PT Bukit Asam Tbk menyampaikan bantuan pompa air tenaga Surya yang diberikan oleh Bukit Asam ini, mampu mengairi sawah seluas 50 hektar di Desa Talawi yang memiliki area persawahan dengan jarak sekitar 880 meter dari aliran sungai. 

"Kini masyarakat telah dapat merasakan manfaat irigasi yang pengairannya dibantu dengan pompa air tenaga surya. Dulunya panen hanya satu tahun sekali, kedepan bisa dua kali panen, bahkan bisa tiga kali dalam se tahun," jelasnya.

Ditambahkanya ada juga bantuan berupa pembangunan jembatan Lintau Buo di Kabupaten Tanah Datar, dan penyerahan bus operasional sekolah di Kabupaten Agam. Pemberian bantuan ini dilakukan secara simbolis di Desa Talawi, Kota Sawahlunto. 

"Saya berharap melalui bantuan ini, masyarakat dapat merasakan manfaat langsung serta dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan bisa terus terjalin hubungan baik antara Bukit Asam denganPemerintah Daerah dan masyarakat," harap Arviyan.

Pers Relis Biro Humas Setdaprov Sumbar 
 
Top