SOLSEL, SUMBAR - Bermacam barang bukti (BB) hasil kejahatan dimusnahkan Kejaksaan Negeri Solok Selatan, disaksikan TNI-Kepolisian dan pihak rumah tahanan Muara Labuh, Jumat (19/7/2019) di halaman  kantor Kejari setempat.

Barang bukti hasil kejahatan yang dimusnahkan di antaranya, sepucuk senjata api rakitan beserta peluru aktif, narkotika jenis sabu-sabu dan ganja. seberat 11,85 gram jenis ganja dan 1,31 gram jenis sabu-sabu. Juga BB lain berupa HP berbagai merek dengan jumlah 13 unit bong hisap dan lainnya sebanyak 56 buah.

Senpi rakitan dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin potong sementara peluru aktif dimusnahkan pihak TNI. Sedangkan, BB lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Kajari Solsel, M Rohmadi kepada awak media, mengatakan, pemusnahan BB kejahatan tersebut merupakan kegiatan rutin Kejari Solsel yang merupakan tindak lanjut dari tugas jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan Hukum tetap atau inkrah. "Barang bukti yang dimusnahkan adalah barang bukti perkara tindak pidana umum," ujarnya.

Pemusnahan BB juga disaksikan Pabung Kodim 0309 Solok Wilayah Solsel, Mayor Inf Togar Harahap yang diwakili Peltu M Ali, Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto diwakili Kaur Narkoba Ipda Martin dan Kepala Cabang Rutan Muara Labuh, Kaharudin.

Terpisah, Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Kejari Solsel, Dody menyebutkan tidak semua BB hasil kejahatan semenjak 2018 yang dimusnahkan. Sebab, ada juga BB yang telah dimusnahkan setelah inkrah sebelumnya. "BB yang dimusnahkan bukan menunggu setahun, namun sebagian juga telah ada yang dimusnahkan karena antisipasi over kapasitas gudang," sebutnya. 

(jbr/ede)
 
Top